Menu
Sign in
@ Contact
Search
Start Up - Bisnis Pemula - Ekonomi Kreatif

Start Up - Bisnis Pemula - Ekonomi Kreatif

Hadapi Tantangan Ekonomi, Berikut Efisiensi yang Bisa Dilakukan Startup

Kamis, 1 Des 2022 | 19:32 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengungkapkan efisiensi perusahaan rintisan (startup) untuk bertahan menghadapi gejolak ekonomi global tidak harus dengan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Saya sepakat agar jangan langsung melakukan layoff. Sebisa mungkin efisiensi dilakukan, misalnya biaya-biaya operasional apa yang bisa dikurangi, investasi apa yang bisa ditunda, kemudian potong gaji direksi. Itu kan langkah-langkah baik yang menunjukkan kepedulian. Potong secara proporsional, yang penting masih bisa bekerja,” kata Tauhid dalam acara Forum Ekonomi Digital Kominfo V dengan tema “Musim Dingin Startup Digital: Dampak dan Tantangan Terhadap Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia”, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Telkom Berhasil Himpun Pendanaan Senilai US$ 399 Juta untuk Danai Startup Tanah Air

Tauhid Ahmad menambahkan, efisiensi juga bisa dilakukan melalui perubahan struktur kerja. Misalnya, dengan mengoptimalkan sistem kerja work from home (WFH).

Advertisement

“Memang bagi perusahaan digital, cara paling mudah dari sisi manajemen adalah melakukan layoff. Ini cara paling instan, karena biaya operasional di SDM itu terbesar kedua setelah teknologi. Padahal, ada banyak langkah efisiensi lain yang sebetulnya bisa dilakukan, namun tidak semua berani melakukannya,” kata Tauhid Ahmad.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate juga mengingatkan perusahaan startup untuk melakukan efisiensi. Namun, langkah efisiensi tidak harus dengan melakukan PHK yang justru bisa menimbulkan masalah baru.

"Setiap kali ada tantangan, yang dibicarakan dari teori umum ekonomi adalah efisiensi, itu selalu. Tetapi Efisien tidak sama dengan layoff," tegas Menkominfo

Menkominfo menyampaikan, langkah PHK justru malah membuat masalah baru. Karenanya, ia berpesan kepada pelaku startup untuk memikirkan cara efisiensi yang lain.

Baca juga: Antisipasi PHK, Siapkan Lima Hal Ini

"Kalau melakukan layoff, itu malah bikin masalah baru untuk negara kita. Jadi tolong kita perhatikan baik-baik, saya minta tolong perhatikan. Tren layoff ini akan bisa meningkat," pesan Menkominfo.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com