Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Solusi Qiscus Robolabs. (IST)

Solusi Qiscus Robolabs. (IST)

Hadirkan Robolabs, Qiscus Bantu Bisnis Buat Chatbot Tanpa Coding

Rabu, 15 Desember 2021 | 21:05 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform multichannel chat untuk kalangan bisnis, meluncurkan Qiscus Robolabs, sebuah add-on chatbot builder dari Qiscus Multichannel Chat. Layanan ini dihadirkan guna memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk dapat membuat chatbot sendiri.

Chatbot yang dibuat oleh kalangan bisnis pun akan secara otomatis terintegrasi dengan akun Qiscus Multichannel Chat tanpa harus melakukan coding dan cukup mengandalkan Excel.

CTO Qiscus Evan Purnama menjelaskan, hadirnya chatbot tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga untuk perusahaan. Di era di mana kecepatan layanan lebih penting dibandingkan sebelumnya, chatbot akan membantu perusahaan untuk selangkah lebih maju.

“Maka dari itu, Qiscus sebagai perusahaan teknologi, meluncurkan layanan barunya yang dinamakan Qiscus Robolabs,” ujar Evan, dalam keterangannya, Rabu (15/12).

Layanan tersebut dihadirkan guna memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dalam membuat chatbot sendiri yang secara otomatis dan akan terintegrasi dengan akun Qiscus Multichannel Chat-nya. Dengan fitur yang terdapat pada Qiscus Robolabs, pebisnis pun dapat meningkatkan performa bisnisnya.

Berbeda dengan chatbot pada umumnya, Qiscus Robolabs memiliki fitur Bot Template yang dapat memudahkan pelaku bisnis. Fitur ini dapat mengelola chatbot dengan logika dan analitik yang di-upload pada fail Excel dan tersedia di dalam dashboard Multichannel tanpa harus melakukan coding dan pemrograman lainnya.

Artinya, tanpa harus melakukan coding dan pemrograman lainnya, pebisnis dapat membuat chatbot semudah membuat spreadsheet di Excel. Selain itu, bisnis yang menggunakan Qiscus Robolabs dapat melatih bot-nya untuk menjawab konteks percakapan yang tidak sesuai.

Melalui fitur Training Bot di Qiscus Robolabs, user dapat melatih bot dengan mengubah konteks percakapan yang tidak sesuai ke dalam konteks yang benar tanpa adanya coding yang rumit.

Penggunaan fitur Training Bot juga sangat mudah karena sistem secara otomatis akan melatih bot dengan konteks terbaru. Dengan begitu, pebisnis bisa memberikan respons otomatis yang tepat melalui identifikasi pesan secara otomatis oleh chatbot.

 Qiscus Robolabs juga memiliki seperangkat fitur lainnya, seperti Handover Agent, Integrate with External Webhook, dan Analytics dalam Qiscus Robolabs. Hal ini pun dapat menunjang kebutuhan bisnis, terutama dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi customer service (CS).

Solusi Chatbot

Kehadiran chatbot kini diklaim merupakan solusi tepat untuk kebutuhan bisnis karena dapat meningkatkan customer engagement, menciptakan customer experience yang interaktif serta responsif, menghadirkan komunikasi yang lebih efektif dengan pelanggan, serta meminimalisasi biaya operasional berlebih.

Chatbot merupakan software yang memungkinkan bisnis menjawab banyak chat dari pelanggan secara otomatis tanpa perwakilan manusia. Dengan chatbot, respons yang diberikan tidak terbatas secara waktu.

Chatbot dapat digunakan 24/7, sehingga konsumen tidak perlu menunggu jam operasional bisnis dalam memperoleh respons. Selain itu, chatbot dapat digunakan untuk personalisasi pesan terhadap pelanggan.   

Menilik survei PWC, 52% perusahaan mempercepat rencana adopsi conversational artificial intelligence (AI) akibat Covid-19. Dengan urgensi transformasi digital, kini, banyak bisnis yang juga beralih menggunakan chatbot.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN