Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GoPlay. Foto: play.google.com

GoPlay. Foto: play.google.com

DUKUNG INDUSTRI KONTEN,

Ideosource Entertainment, Anak Usaha NFCX Turut Danai GoPlay

Selasa, 9 Juni 2020 | 17:54 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Ideosource Entertainment, anak perusahaan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), turut dalam pendanaan independen pertama GoPlay bersama dengan beberapa investor ternama yaitu ZWC Partners, Golden Gate Ventures, Openspace Ventures, dan Redbadge Pacific pada Senin (8/6/2020).

GoPlay adalah platform video on-demand Gojek yang menghadirkan konten berkualitas dan telah menjangkau ratusan ribu pengguna ponsel baik di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

Menurut Andi Boediman, Chief Executive Officer (CEO) Ideosource Entertainment (IDEO), pasar konten Indonesia memiliki potensi besar untuk mencapai market value sebesar US$ 1 miliar dalam 3 tahun ke depan yang utamanya berasal dari theatrical release dan streaming.

“Permintaan akan hiburan terutama konten tetap bertambah walaupun dalam keadaan pandemi Covid -19 dimana masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah dan melakukan physical distancing,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Para kreator konten sangat terkena dampak dalam menghadapi keadaan ini dikarenakan mereka harus berhenti sejenak dari aktivitas produksinya.

Situasi pandemi ini telah mengubah cara konsumsi masyarakat terhadap produk dan jasa, termasuk di dalamnya terhadap konten.

Oleh sebab itu, salah satu medium penyaluran konten contohnya GoPlay, telah menarik banyak perhatian masyarakat dikarenakan kemudahan dan kenyamanan untuk menikmati konten yang disediakan oleh platform video on-demand tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa industri konten masih memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat kuat walaupun dalam kondisi terburuk sekalipun.

Seperti diketahui investasi di dunia film cukup berisiko, sehingga sebagai strategi manajemen risiko, IDEO melakukan investasi terhadap 15 film dari beberapa production house sekaligus.

Gundala
Gundala

Beberapa film yang didanai meraih kesuksesan seperti Keluarga Cemara dan Gundala yang menembus angka 1,7 juta penonton.

Salah satu fokus investasi yang dilakukan adalah terhadap pengembangan konten berbasis intellectual property (IP). IP dapat berasal dari lokal seperti Keluarga Cemara maupun internasional seperti Bebas yang mengadaptasi film ‘Sunny’ dari Korea.

Saat ini, IDEO sedang berkolaborasi dengan salah satu anak usahanya, Paragon Pictures untuk mengembangkan dan memproduksi konten dari beberapa IP legendaris Indonesia.

Konsep yang dijalankan oleh IDEO ini telah menarik perhatian NFCX, salah satu emiten Indonesia yang menyediakan berbagai solusi digital consumer engagement bagi mitranya di industri retail digital, untuk melakukan pendanaan di IDEO.

Pendanaan ini bertujuan untuk membentuk sinergi konstruktif antara industri retail, digital dan konten, memperkuat akses distribusi dan meningkatkan strategi product-bundling dan pemasaran digital yang dimiliki.

Komisaris Utama NFCX, Suryandy Jahja mengatakan, “NFCX memiliki bisnis utama yang bergerak di bidang retail dan digital, dimana kami selalu berusaha meningkatkan digital customer experience melalui pengembangan teknologi yang didukung oleh konten yang berkualitas. Kami akan terus melakukan sinergi yang dapat menghubungkan industri konten dengan retail, sehingga kedua industri ini dapat berkembang semakin luas”.

“Perluasan bisnis ke dalam sektor hiburan, terutama konten, sangat penting untuk meningkatkan customer retention dalam network kami, mengikuti jejak perkembangan industri internet di Amerika dan Tiongkok. Kami tidak sabar melihat kerjasama yang akan dibangun oleh salah satu anak usaha kami, IDEO, dengan GoPlay, yang tentunya akan menjadi langkah penting dalam memperkaya lebih dalam lagi platform customer engagement milik NFCX”, ujar Abraham Theofilus, Chief Executive Officer (CEO) NFCX, menambahkan.

Selain Paragon Pictures yang merupakan rumah produksi, IDEO juga memiliki anak usaha agensi pemasaran yaitu Ideoworks dan Cinepoint yang merupakan aplikasi big data dan rating bagi para penonton film di Indonesia. Investasi dalam konten akan berjalan lebih maksimal dengan adanya sinergi kuat yang dibentuk dalam ekosistem IDEO sehingga dukungan terhadap industri konten dapat dioptimalkan.

IDEO kini sedang mempersiapkan Content Fund yang berinvestasi di film dan IP, serta ekosistem yang terkait dengan konten dan distribusinya. Dengan perluasan ekosistem dan value chain ini, IDEO berkeyakinan dapat terus membentuk kerjasama mutualisme dengan para kreator konten dan pelaku lainnya. (gr)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN