Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kantor AVEVA. (IST)

Kantor AVEVA. (IST)

IIoT Berdampak Besar ke Lima Sektor Industri

Senin, 4 Januari 2021 | 09:20 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Industrial internet of things (IIoT) merupakan teknologi yang diyakini berdampak signifikan dan akan mempercepat adopsi transformasi digital perusahaan pada industri berat, terutama pada lima sektor, yakni teknik, pertambangan, minyak dan gas, serta pengolahan (manufaktur).  

Keuntungannya, dalam satu dekade terakhir, hambatan untuk mengadopsi IIoT juga tehah turun drastis. Sebelumya, tantangan dalam mengimplemtasikan teknologi ini terkait dengan komponen mahal untuk menambah konektivitas jaringan, kesulitan dalam mengumpulkan data dari berbagai sumber berbeda, serta kurangnya dasbor dan database yang terpusat.

Chief Cloud Officer and Chief Product Officer, AVEVA, Ravi Gopinath, mengatakan, saat ini, pelaku bisnis tetap bisa mempertahankan keunggulan operasionalnya di masa sulit melalui transformasi digital. Penggunaan komputasi awan (cloud) dan cara menggunakan data yang semakin canggih dapat memberikan visibilitas dan kepastian operasional industri.

“Ada perubahan mendasar dalam pola pikir, di mana pelaku industri mulai menyadari harus bisa bertahan dengan memanfaatkan teknologi. Sementara itu, ada lima area penting dalam sektor industri di mana teknologi IIoT memiliki dampak yang signifikan,” tutur Ravi kepada Investor Daily, seperti dikutip Senin (4/1).

Pertama, informasi operasional real-time yang digunakan untuk memahami apa yang terjadi serta mengaktifkan siklus operasional dan pengelolaan kondisi. Misalnya, dasbor yang menampilkan frekuensi getaran dari mesin industri yang berputar seperti turbin selama operasi memberikan pemahaman secara real-time tentang kondisi dan status mesin tersebut.

Kedua, informasi historis operasional industri untuk membantu memahami apa yang telah terjadi di periode waktu sebelumnya agar bisa menciptakan kecerdasan perilaku aset saat beroperasi.

Misalnya, grafik yang ditampilkan di dasbor menunjukkan frekuensi getaran turbin pada waktu sebelumnya, lalu, dibandingkan dengan frekuensi getaran real-time, sehingga bisa menciptakan kecerdasan pada tren jangka panjang aset.

Ketiga, analisis prediktif yang digunakan untuk pemodelan tipe what-if. Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan data real-time dan historis yang memungkinkan tim manajemen menilai hasil potensial dari keadaan dan perilaku operasional, bahkan, memperhitungkan variabel tersier.

Selanjutnya, analisis preskriptif menjadi area keempat yang penting untuk menjelaskan apa yang diperlukan untuk mengoptimalkan aset dan siklus operasi. Kelima, keamanan yang ditingkatkan, yaitu kombinasi perangkat IoT yang terhubung, teknologi augmented reality (AR), dan virtual reality (VR), yang menyediakan prosedur operasi real-time dan mengurangi kesalahan manusia untuk melakukan tugas tertentu.

Manfaat

Menurut Ravi, perusahaan akan mendapatkan manfaat dari penggunaan IIoT untuk menghubungkan berbagai alat produksi secara aman, mengumpulkan data dari berbagai aset yang lokasinya jauh, dan mendistribusikan informasi ke aplikasi operasional tingkat lanjut.

“Dampaknya, antara lain bisa membantu alat produksi lebih optimal, manajemen aset, meningkatkan analisis, dan menciptakan pemodelan, atau simulasi, sehingga meningkatkan efisiensi bisnis,” jelasnya.

Dia menyampaikan, pendemi Covid-19 telah secara signifikan telah membatasi mobilitas global dan lokal, sehingga membuat ekonomi dunia menghadapi potensi resesi yang tajam. Hal ini membuat bisnis berada di bawah tekanan yang sangat besar pada 2020.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, transformasi digital dapat memberikan wawasan yang mendalan berbasis data yang dibutuhkan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan perusahaan.

“IIoT juga menawarkan pelaku industri sebuah kerangka kerja yang kuat untuk keberlangsungan operasional,” pungkas Ravi.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN