Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indosat Business bersama Google Cloud melanjutkan kerja sama pengembangan solusi digital. (IST)

Indosat Business bersama Google Cloud melanjutkan kerja sama pengembangan solusi digital. (IST)

Indosat dan Google Lanjutkan Kerja Sama Pengembangan Solusi Digital

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:40 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business, bersama Google Cloud, melanjutkan kerja sama untuk menyediakan solusi-solusi yang sesuai bagi pelanggan untuk mendigitalisasi operasionalnya, sehingga lebih efektif dan efisien guna mendorong pertumbuhan bisnis.

Peneguhan komitmen tersebut merupakan kelanjutan dari  kemitraan strategis yang telah diumumkan kedua pihak pada November 2021 lalu untuk  mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan perusahaan di  Indonesia.

Advertisement

“Kami senang dapat bekerja bersama Google Cloud yang memiliki kesamaan visi untuk mendukung transformasi digital Indonesia,” ujar Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Bayu Hanantasena, dalam pernyataannya, dikutip Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Indosat Berpartisipasi di Ajang AVPN Global Conference

Menurut dia, Indosat Business terus mengembangkan inovasi teknologi digital berbasis internet of things (IoT), advanced data analytics, serta cloud and collaboration tools, untuk mendukung transformasi digital untuk korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan.

“Kolaborasi dengan  Google ini juga sejalan dengan misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital  kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, kemitraan Indosat Business dengan Google Cloud akan mencakup beberapa area solusi digital. Beberapa di antaranya One Stop Digital Business Ecosystem, sebuah platform digital untuk  menghubungkan dan memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM di  Indonesia.

Platform tersebut memungkinkan pelanggan mendapatkan kemudahan  untuk menjalankan bisnis dengan aplikasi digital, menjangkau calon  pelanggan secara luas, serta kemudahan transaksi.

Advanced Data Analytics, solusi big data analytics yang memberikan kemudahan pengambilan keputusan berbasis data untuk operasional bisnis  serta akuisisi pelanggan melalui smart digital advertising.

 IoT and AI (Artificial Intelligence), solusi IoT dengan kemampuan intelligence untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam operasional  perusahaan di bidang manufaktur, retail, logistik, dan lainnya.

Terakhir, Cloud and Collaboration Tools, gabungan kemampuan terbaik IOH dan  Google Cloud untuk menyediakan solusi hybrid cloud yang didukung konektivitas  yang andal dan aman dengan Google Cloud direct connect sebagai solusi  menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: Perkuat Data Center, Indosat (ISAT) dan BDX Asia Patungan Rp 3,3 Triliun

Dimanfaatkan UIN Walisongo

Sementara itu, solusi hasil kerja sama Indosat Business dan Google Cloud juga telah digunakan oleh beberapa  universitas ternama, termasuk UIN Walisongo, Semarang, yang menggunakan solusi Google Cloud Platform (GCP) dalam membantu sistem pendidikan.

Divisi Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang, Alan Budi Kusuma, mengatakan, kemudahan dan kecepatan dalam implementasi Google Cloud dari Indosat Business sangat membantu dalam menjalankan proses seleksi SPAN PTKIN dan UMPTKIN.

“Seluruh proses dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan time plan dan dapat termonitor dalam satu dashboard secara real-time,” tutur Alan.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN