Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ponsel iphone 12. (engadget.com)

Ponsel iphone 12. (engadget.com)

iPhone 12 dan 12 Mini Lebih Ringkas Berperforma Mumpuni

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 08:32 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Apple baru saja meluncurkan jajaran ponsel pintar (smartphone) iPhone empat model baru, dua di antaranya iPhone 12 dan iPhone 12 mini. Bodi kedua perangkat pintar yang sudah membawa teknologi 5G ini dibuat lebih kecil dan ringkas, namun dengan peningkatan performa yang mumpuni.

VP iPhone Product Marketing Apple Kaiann Drance mengatakan, iPhone 12 memiliki desain baru dengan ujung rata, atau pipih, diikuti dengan bingkai aluminium dan kaca yang berkilau di bagian depan maupun belakang.

"Baik di dalam maupun di luar, iPhone 12 didesain ulang untuk membawa teknologi baru ke dalam bodi yang lebih kecil," ujar Kaiann, dalam acara virtual yang mengambil tempat di Apple Campus, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (14/10) waktu Indonesia.

Bodinya dikemas dalam lima warna, yaitu hitam, putih, (product) red, hijau, dan biru. Ponsel memiliki bentang layar 6,1 inci seperti iPhone 11, namun ujungnya  dipangkas untuk menciptakan bodi lebih kecil. Jika dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 12 disebut 11% lebih tipis, 15% lebih kecil, dan 16% lebih ringan.

“Desain tersebut dimungkinkan dengan layar Super Retina XDR OLED yang dikustomisasi Apple punya banyak keuntungan dibandingkan LCD," tuturnya.

Menggandeng Corning, Apple menghadirkan kaca pelindung Ceramic Shield yang lebih kuat daripada yang digunakan pada iPhone 11. Ponsel dibekali dengan chipset terbaru dari Apple, yaitu A14 Bionic.

VP Engineering Program Management, Hardware Technologies Apple Hope Giles mengatakan bahwa A14 Bionic menandai sejarah baru iPhone. "A14 Bionic chip smartphone pertama yang dibuat pada proses teknologi 5-nanometer," ujar Hope.

Pengurangan ukuran transistor juga memungkinkan untuk penambahan fitur dan meningkatkan performa, sekaligus memperbaiki efisiensi daya. Terdapat 11,8 miliar transistor dalam A14 Bionic, meningkat 40% dibandingkan A13 Bionic yang menjadi motor penggerak iPhone 11.

iPhone 12 memiliki 12 MP Ultra Wide Camera dengan jangkauan sudut lebar 120 derajat dan bukaan F/2.4, 12 MP Wide Camera dengan bukaan F/1.6, serta tujuh elemen lensa yang diklaim 27% lebih baik performanya dalam kondisi minim cahaya.

Apple membawa mode Night pada seluruh kamera seri iPhone 12, termasuk pada kamera depan. Dua sensor baru juga ditambahkan, yaitu NFC dan magnetometer untuk memperkuat medan magnet.

Tidak hanya itu, Apple juga menghadirkan MagSafe. "MagSafe adalah sistem baru dengan meningkatkan pengalaman pengisian daya nirkabel," ujar VP Hardware System Engineering Apple Deniz Teoman.

iPhone 12 Mini

Sementara itu, iPhone 12 mini memiliki ukuran yang lebih pas dengan genggaman tangan. Namun, ponsel tetap megusung layar dengan bezel tipis, atau yang dinamai edge-to-edge Super Retina XDR display, seperti pada iPhone 12.

Sesuai namanya, ukuran iPhone 12 mini lebih kecil dan lebih ringan dengan layar 4,7 inci, seperti iPhone 8. Ponsel memiliki bentang layar 5,4 inci. "Dengan ukuran compact, iPhone 12 mini punya fitur sama persis dengan iPhone 12," ujar Kaiann.

Perangkat ini juga mengusung teknologi 5G. iPhone 12 mini pun diklaim menjadi smartphone 5G paling kecil, tipis, dan ringan.

Harga jual iPhone 12 ditawarkan mulai dari US$ 799, atau sekitar Rp 11,7 juta. Sedangkan iPhone 12 mini dibanderol mulai dari US$ 699, atau sekitar Rp 10,3 juta.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

BAGIKAN