Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Windows 7

Ilustrasi Windows 7

Jan 2020, Windows 7 Tanpa Dukungan Microsoft

Abdul Muslim, Senin, 11 November 2019 | 21:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Mulai 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan terhadap sistem operasi Windows 7. Para penggunanya di seluruh dunia pun telah mendapatkan pemberitahuan lewat komputer bersistem operasi itu saat terhubung dengan internet dan disarankan mulai beralih ke Windows 10.

Ketika dukungan Microsoft telah dihentikan, pengguna masih tetap dapat menggunakan komputernya. “Namun demikian, Microsoft tidak lagi memberikan dukungan terhadap kendala teknis, pembaruan piranti lunak, dan perbaikan sistem keamanan,” ungkap Microsoft, dalam pengumumannya.

Meski Windows 7 masih bisa digunakan, tanpa pembaruan dan perbaikan sistem keamanan, komputer pengguna akan menjadi rawan terhadap serangan virus dan aplikasi penyusup yang berniat jahat untuk mencuri data (malware).

Microsoft pun menyarankan pengguna Windows 7 untuk segera berpindah ke Windows 10, sistem operasi terbaru dari Microsoft, dan dengan komputer baru. “Peningkatan sistem operasi dengan perangkat lama masih dimungkinkan, namun tidak disarankan,” ungkap Microsoft, seperti dikutip Antara.

Windows 7 merupakan versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober tahun yang sama, kurang dari tiga tahun setelah rilis Windows Vista.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows dengan tujuannya agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.

Kala itu, presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama Home Group dan peningkatan performa.

Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, dan Windows Movie Maker. Sedangkan Windows Photo Gallery tidak disertakan lagi di Windows 7. Kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

Kritikus pun menilai bahwa Windows 7 memiliki kinerja yang jauh lebih bagus dari pendahulunya, atau Windows Vista. Kala itu, enam bulan sejak diluncurkan, penjualannya langsung mencapai 100 juta unit di seluruh dunia. Hingga November 2019, sekitar 22 % komputer desktop di seluruh dunia juga masih dijalankan dengan Windows 7.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA