Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo, (IST)

Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo, (IST)

Jelang Lebaran, Indosat Tambah Kapasitas Jaringan

Selasa, 4 Mei 2021 | 18:55 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Indosat Ooredoo telah menambah dan meningkatkan kapasitas jaringan 4G yang berkualitas video untuk memudahkan masyarakat Indonesia tetap bisa bersilaturahmi secara virtual dengan keluarga, teman, dan kolega tanpa perlu keluar rumah pada saat Lebaran tahun ini.

Mudik saat Lebaran sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar tercinta di kampung halaman. Namun, tahun ini, tradisi tersebut kembali harus dilakukan dengan cara berbeda untuk mendukung upaya pemerintah mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia di masa yang penuh tantangan ini dengan menyediakan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan.

“Menjelang Lebaran, kebutuhan telekomunikasi pelanggan semakin meningkat meskipun pergerakan terbatas. Kami bertekad menjaga kualitas jaringan, baik di perkotaan maupun pedesaan. Karena, di masa ini, silaturahmi menjadi yang terpenting meskipun dilakukan secara virtual,” ujar Vikram, dalam keterangannya, Selasa (4/5).  

Menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang terus meningkat, tahun ini, Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan.

Lebih dari 50% rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun pada kuartal pertama. Tidak hanya itu, lebih dari 32% rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33% rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama.

Komitmen memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan khususnya di masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan Command Center sejak H-4 Lebaran.

Seluruh site secara nasional akan dimonitor secara khusus melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), dengan dukungan lebih dari 1.600 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu.

Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga selalu siap membantu pelanggan dan tersedia di berbagai saluran, yakni aplikasi MyIM3, call center 185, media sosial Twitter @indosatcare, serta website indosatooredoo.com.

Indosat Ooredoo secara konsisten mengembangkan kualitas dan kapasitas jaringannya di seluruh wilayah Indonesia untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat, yang sebagian besar masih melakukan aktivitas bekerja dan bersekolah dari rumah, terlebih saat menjelang Lebaran.

Proyeksi Trafik

Dalam satu tahun terakhir, trafik data Indosat Ooredoo tercatat naik sekitar 50% pada kuartal I-2021 dibandingkan perode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh rata-rata juga meningkat hampir 50%.

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran, yakni Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Hal tersebut dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis artificial intelligence (AI) dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu. Indosat Ooredoo berkomitmen bahwa kenaikan trafik telekomunikasi, khususnya data, akan diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang prima.

Terbukti di awal Ramadan ini, kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6% di tengah kenaikan trafik data sebesar 8% dibandingkan hari biasa. Sementara itu, kualitas layanan telekomunikasi lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga dengan baik.

Hal tersebut membuktikan bahwa pelanggan tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik, khususnya data, yang diprediksi terus naik sampai puncaknya pada Lebaran nanti.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN