Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jusuf Kalla. Foto: IST

Jusuf Kalla. Foto: IST

JK Ajak Pemuda Bangun Negeri Lewat Start-up

Senin, 19 Agustus 2019 | 07:15 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak para anak muda Indonesia untuk membangun negeri melalui perusahaan rintisan berbasis teknologi (start-up). Pendirian start-up di berbagai bidang diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat.

"Jadi, meniru Bung Karno dulu, nyalakan semangat revolusi. (Untuk) Anda diganti, nyalakan ekonomi bangsa," kata Jusuf Kalla yang akrab disapa JK, saat meresmikan acara Ignite The Nation di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8).

JK, yang juga memiliki latar belakang sebagai pebisnis, bercerita tentang perbedaan merintis usaha di masa lalu dengan sekarang yang semua serba menggunakan teknologi.

"Zaman kami dulu, cari tahu di mana pasarnya, di mana barangnya. Sekarang, tidak begitu lagi, hanya di rumah sudah dapat pembeli," ujarnya.

Menurut dia, ibaratnya, dulu, sepatu pebisnis sampai tipis karena terlalu sering dipakai berjalan untuk menjajakan barang. Sementara itu, sekarang, para pengusaha tidak perlu keluar rumah untuk berbisnis.

Generasi seusianya juga memulai bisnis ketika berusia 20-an. Kini, roda perekonomian digerakkan oleh anak-anak muda era milenial. Pergantian peran ini yang kemudian oleh Wapres disebut sebagai ‘estafet bangsa’.

"Kalau Anda tidak mulai sekarang, kapan lagi? Kalau Anda tidak mulai start-up, kita akan jadi konsumen (produk) Tiongkok dan Jepang," kata dia, seperti dikutip Antara.

Dalam membangun perusahaan rintisan, JK berpesan kepada ribuan peserta yang hadir di acara Ignite The Nation itu, untuk selalu mengikuti perubahan dan perkembangan inovasi dan pengetahuan.

Kali ini, program Ignite The Nation yang digelar bertema Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju itu dengan tujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2019, atau yang ke-74.

Gerakan masif itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenial yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa.

Kegiatan Ignite The Nation yang berlangsung di Stadion Istora Senayan dimulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB tersebut dihadiri oleh sekitar 8.000 peserta. Penyelenggaraannya menjadi kegiatan pembukaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital 2019 dengan konsep baru.

Rangkaian acara lainnya akan digelar dan berlangsung di 10 kota lain di Indonesia. Tahapan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital terbaru kini terdiri atas Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN