Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Foto: IST

Presiden Joko Widodo. Foto: IST

Jokowi: Transformasi Digital Jadi Kunci Bertahan di Masa Pandemi

Kamis, 25 Februari 2021 | 17:06 WIB
Markus Junianto Sihaloho

JAKARTA, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan transformasi digital menjadi kunci untuk bertahan di masa pandemi. Karena membantu setiap orang bekerja lebih cepat dan efisien, tetap produktif di tengah keterbatasan interaksi.

Karenanya, Presiden Jokowi menilai bahwa momentum pandemi harus digunakan untuk mendorong percepatan transformasi digital. Mulai dari digital government, digital economy, sampai dengan digital Society dan digital infrastructure.

"Percepatan tersebut tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tidak bisa. Dibutuhkan partisipasi aktif dari seluruh komunitas digital Indonesia, baik melalui investasi pembangunan pusat data, mempercepat program literasi digital dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengembangan talent digital secara masif," kata Jokowi dalam Microsoft Developer's Conference, Kamis (25/2/2021).

Solusi Microsoft Terbaru
Solusi Microsoft. Foto ilustrasi: IST

Jokowi menilai perusahaan digital, baik yang ada di dalam negeri maupun global, sebaiknya menangkap potensi besar Indonesia. Sehingga akan membuka lapangan kerja baru yang sebanyak-banyaknya, terutama untuk penduduk usia produktif di Indonesia yang jumlahnya yang sangat besar.

'Setiap tahun ada sekitar 2,9 juta anak muda yang masuk ke pasar kerja. kita harus bisa siapkan mereka dengan baik salah satunya menjadi Talent digital," kata Jokowi.

Jokowi juga menyatakan Pemerintah juga ingin transformasi digital bisa menyasar jutaan UMKM Indonesia. Baginya, diperlukan pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global.

Data yang dimilikinya menunjukkan terjadi peningkatan transaksi penjualan online 10 sampai 15%. Hal ini memperkuat kampanye nasional untuk membeli produk-produk UMKM yang terwadahi dalam e-commerce.

"Apalagi kita sudah memiliki 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital. Kita harus terus mendorong setidaknya jumlah itu selalu bertambah lagi bisa menjadi 10 juta bisa 15 juta dan naik lagi 20 juta dan seterusnya," kata Jokowi.

Untuk itu, presiden menilai bahwa pelatihan penggunaan teknologi digital untuk UMKM harus diperbanyak. Saat ini model pelatihan online sudah dimulai dalam program kartu prakerja yang sebagian besar menggunakan pelatihan bersifat ringan dan praktis.

Hal seperti ini juga bisa dilakukan oleh Kementerian/Lembaga, bekerjasama dengan komunitas digital. Dirinya yakin, dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital Indonesia termasuk Microsoft, kekuatan akan semakin berlipat ganda. Khususnya untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang dilakukan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN