Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kejahatan siber (Gambar: computerworld.com/IST)

Ilustrasi kejahatan siber (Gambar: computerworld.com/IST)

Kaspersky Anti-Cheat, Solusi Lawan Kecurangan e-Sports

Emanuel Kure, Senin, 16 September 2019 | 16:06 WIB

JAKARTA, investor.id - Kaspersky, perusahaan cyber security global, memperkenalkan versi beta solusi terbarunya, yakni Kaspersky Anti-Cheat. Solusi ini berfungsi untuk melindungi permainan yang adil dalam olahraga elektronik (e-sports). Selain itu, solusi membantu penyelenggara turnamen untuk memerangi kecurangan dalam permainan.

Product Owner Kaspersky Anti-Cheat Anton Selikhov mengatakan, dengan hadirnya Kaspersky Anti-Cheat, pihaknya membawa lebih dari 20 tahun pengalaman yang relevan dalam memerangi  aplikasi penyusup (malware) dan kejahatan siber ke wilayah baru.

“Tidak hanya sampai di situ, tahun ini, kami juga akan meluncurkan Kaspersky Anti-Cheat untuk gim online multiplayer,” ujar Selikhov, dalam keterangannya, Senin (16/9).

Dengan penawaran solusi berbasis cloud terbaru tersebut, Kaspersky menyediakan deteksi real-time cheat dan secara otomatis membagikan laporan kepada pelanggan. Setelah itu, solusi dapat menidal si pelanggar aturan.

Upaya pencegahan kecurangan dalam e-sports perlu dilakukan. Pasalnya, para pelanggar aturan tersebut memiliki potensi untuk menunda pemain yang profesional untuk berpartisipasi dalam kompetisi dan dapat memengaruhi hubungan dalam komunitas gim.

Selain itu, kecurangan dapat memengaruhi popularitas dan reputasi turnamen  yang pada akhirnya akan mengurangi pendapatan, atau jumlah perspektif kemitraan bagi penyelenggara e-sports.

“Oleh karena itu, solusi kami akan memberikan kesempatan bagi penyelenggara turnamen untuk mempertahankan keseimbangan yang stabil dalam komunitas gim dan memantau kemajuan kompetisi mereka,” tambahnya.

Untuk meminimalkan kemungkinan perlakuan tidak adil kompetisi e-sports dalam jaringan (online), solusi Kaspersky juga dapat dengan mudah diintegrasikan melalui application programming interface (API) platform e-sports.

Para pemain gim pun dapat menggunakannya untuk memastikan permainan yang adil selama tahap online dari sebuah turnamen yang sangat sulit dipantau kecurangannya. Dengan solusi ini, untuk berpartisipasi dalam kompetisi online, para pemain harus menginstal klien Anti-Cheat yang didistribusikan oleh platform.

Setelah dipasang pada komputer pemain, informasi mengenai proses permainan dikumpulkan, kemudian dikirimkan ke cloud Kaspersky Anti-Cheat. Selanjutnya, data dianalisis untuk menemukan acara yang mencurigakan.

Pada saat yang sama, wasit turnamen akan menerima laporan kecurangan langsung secara real-time melalui antarmuka web.

Karena itu, solusi Kaspersky Anti-Cheat diklaim mampu membuktikan teknis kecurangan tanpa mengambil tindakan apa pun kepada para pemain, melainkan menyerahkan keputusan akhir kepada wasit dan penyelenggara turnamen.

“Hal yang paling penting adalah saat memastikan deteksi kecurangan, Kaspersky Anti-Cheat mengutamakan pengalaman pengguna dan tidak memengaruhi proses permainan, atau membebani lalu lintas yang berlebihan,” pungkas Shelikov.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA