Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rudiantara. Foto: IST

Rudiantara. Foto: IST

Kelahiran Unicorn Baru Terus Didorong

Abdul Muslim, Senin, 19 Agustus 2019 | 08:20 WIB

JAKARTA, investor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong kemunculan start-up di Tanah Air untuk terus berkembang dan naik kelas hingga mencapai status unicorn. Salah satunya melalui program besutannya, yakni Ignite The Nation.

Unicorn merupakan perusahaan start-up yang telah naik kelas, berkembang pesat bisnisnya, dan punya valuasi minimal US$ 1 miliar, atau sekitar Rp 14,2 triliun. Indonesia saat ini telah berhasil ‘melahirkan’ empat unicorn, yakni Bukalapak, Tokopedia, Gojek, dan Traveloka.     

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, tidak hanya memfasilitasi, Kemenkominfo ingin mengakselerasi adanya unicorn melalui ekosistem yang ada. Caranya, kelahiran start-up baru akan difasilitasi agar berkembang, mendapatkan investor/pemodal, dan setelah itu akan didorong agar naik kelas menjadi unicorn.  

“Semua start-up yang sudah unicorn ikut (acara Ignite The Nation). Lalu, bagaimana kita membuat unicron berikutnya," ujar Menkominfo, saat pembukaan Ignite The Nation di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Minggu kemarin.

Sementara itu, saat ditemui di sela acara, Rudiantara juga menyampaikan bahwa banyak perusahaan rintisan memang telah hadir dan lahir di Indonesia. Mereka juga telah teruji dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memajukan dirinya.

Namun, dia juga berharap, para pelaku start-up dapat melalui tahapan-tahapan yang baik dalam mengembangkan bisnisnya. Hingga akhirnya, mereka akan mampu mendapatkan modal dan terus berkembang sebagaimana empat unicorn yang kini telah dimiliki Indonesia dan sebagian ekspansi ke luar negeri.

Sejak Juli

Kemenkominfo telah membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Start-up Digital 2019 hingga akhir tahun ini dengan penyempurnaan sejak pertengahan Juli 2019. Generasi milenial yang ingin mendirikan usaha start-up pun bisa mendaftar melalui www.participant.1000startupdigital.id.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, selama tiga tahun perjalanan gerakan tersebut telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak muda Indonesia untuk mendapatkan wadah merealisasikan mimpi besar melalui solusi digital.

“Tahun ini, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan, dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya. Dengan penampilan baru, kita akan rilis Ignite The Nation, Kobarkan Bangsa! Membangun Bangsa Dengan Mimpi! Mimpi Besar yang merupakan solusi bangsa dan dunia!" jelas Semmy, panggilan akrab Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, pertengahan Juli lalu.

Penampilan baru tersebut diharapkan akan membawa konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan start-up, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal terlibat. Tak hanya itu, kurikulum program pun telah direvisi dengan fokus pada inkubasi.

Karena itu, program pembinaan garakan akan dilakukan bersifat inklusif. Seluruh individu berusia usia 18-40 tahun yang memiliki niat dan semangat membangun usaha digital dapat mendaftarkan diri.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA