Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kemenkominfo Bersama BPSDM Kemendagri menggelar literasi digital untuk sektor pemerintahan yang bertajuk ASN Makin Cakap Digital di lingkungan IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada 14 Juli 2022.
Sumber: Istimewa

Kemenkominfo Bersama BPSDM Kemendagri menggelar literasi digital untuk sektor pemerintahan yang bertajuk ASN Makin Cakap Digital di lingkungan IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada 14 Juli 2022. Sumber: Istimewa

Kemenkominfo Gandeng BPSDM Kemendagri Gelar Literasi Digital Sektor Pemerintahan

Senin, 25 Juli 2022 | 04:31 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) Bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar literasi digital untuk sektor pemerintahan yang bertajuk ‘ASN Makin Cakap Digital’ di lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada 14 Juli 2022. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yang diikuti oleh 1.992 Praja atau mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir di IPDN sebagai peserta.

Kegiatan literasi digital untuk sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga termasuk target nasional yang harus disasar oleh Kemenkominfo untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 yang lalu, didapatkan skor atau tingkat kapasitas literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Berdasarkan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori ‘sedang’. Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan ASN menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Baca juga: Belum Terdaftar, Kemenkominfo Ancam Blokir 14 Platform PSE Besar

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo RI Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara BPSDM Kemendagri dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo. Kegiatan ini diadakan atas kerja sama dari BPSDM Kemendagri dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo untuk meningkatkan kompetensi ASN di bidang digital. Ia juga memiliki harapan untuk para Praja di IPDN Jatinangor untuk menyebarluaskan betapa pentingnya literasi digital ke daerahnya masing-masing setelah lulus dari pendidikan di IPDN.

“Dari 1.992 peserta Praja atau mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir, setelah menyelesaikan pendidikan IPDN akan kembali ke daerahnya masing-masing dan menyebarkan betapa pentingnya mengikuti perkembangan digital” ungkapnya dalam keterangan pers, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Kemenkominfo Gelar Seminar Literasi Digital Pesantren di Sumenep

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Perencanaan IPDN, mewakili Rektor IPDN, Agus Toyib menjelaskan, kegiatan ini akan membuka wawasan baru mengenai literasi digital. Untuk itu, pihaknya akan mendapatkan wawasan baru dan tentunya memenuhi kebutuhan literasi digital pada saat ini. Ia pun menegaskan literasi digital sama pentingnya dengan Baca Tulis Hitung (calistung), “Kami menghimbau terutama kepada para Praja bahwa literasi digital merupakan hal yang penting, sama halnya dengan calistung.” tegasnya.

Sementara itu, BPSDM Kemendagri Machmudin Sadik menambahkan, sebagai narasumber membahas bagaimana ASN sebagai pelayan, pelaksana kebijakan publik, dan pemersatu bangsa harus mengikuti perkembangan teknologi demi memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Tuntutan masyarakat terus berkembang, kita sektor pemerintahan cukup kewalahan dalam mengikutinya. Oleh karena itu, harus memenuhi tuntutan tersebut dengan meningkatkan kemampuan literasi digital.

“ASN sudah tidak dapat menggunakan cara-cara lama dalam melayani publik, melainkan pada saat ini ASN harus melakukan pendekatan secara digital kepada masyarakat,” paparnya.

 

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com