Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate umumkan gelaran AJK 2020 secara virtual, Senin (28/9) malam. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate umumkan gelaran AJK 2020 secara virtual, Senin (28/9) malam. (IST)

Kemenkominfo Gelar Lomba Jurnalistik Bertema Covid-19

Selasa, 29 September 2020 | 08:38 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2020 dengan tema Bangkit dari Pandemi Covid-19, Menuju Masyarakat Produktif. Tema tersebut diangkat sebagai apresiasi kepada jurnalis yang telah ikut berperan dalam melawan pandemi Covid-19.  

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan bahwa jurnalis sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan krisis pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Risiko yang ditanggungnya pun tak kalah dengan garda terdepan lainnya seperti tenaga kesehatan. Berada di lapangan untuk mendapatkan berita, pada saat yang sama, jurnalis juga harus ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Oleh sebab itu, dengan rendah hati dan dengan segenap kekurangan, kami mendedikasikan tema besar AJK 2020 ini untuk peliputan dan pemberitaan tentang Covid-19,” ujar Menkominfo, dalam peluncuran AJK 2020 yang disiarkan secara virtual, Senin (28/9) malam.

Menurut Johnny, gelaran AJK tahun 2020 sangat bermakna karena ditujukan untuk membangun narasi liputan dalam menghadapi tantangan dan risiko yang besar, yaitu Covid-19.

“Apresiasi yang sedalam-dalamnya saya sampaikan bagi seluruh partisipan, yang telah berjuang untuk narasi besar kebangkitan melawan virus Covid-19. Dengan ini, AJK 2020 resmi kami buka,” tuturnya.

Menkominfo  pun melihat bahwa awak media sudah menjadi yang terdepan dalam mengikuti protokol kesehatan untuk menghadapi Covid-19 dan meliput berita seperti dalam situasi mirip perang. Namun, keganasan virus juga tak luput telah merenggut jiwa beberapa jurnalis di Tanah Air.

Kerja jurnalistik pun dinilainya telah memberikan contoh dan inspirasi bagi bangsa agar bisa tetap mempertahankan produktivitasnya dalam keterbatasan. Produktivitas harus tetap diasah agar Indonesia siap menyambut pulihnya aktivitas tanpa kehilangan keterampilan dan pengetahuan kelak di masa pascapandemi.

“Sekali lagi, saya sampaikan bahwa jalur literasi dan edukasi merupakan jalan yang tak kalah strategisnya dalam penanganan pandemi ini. Membuat masyarakat melek dan taat pada protokol kesehatan sama tantangan dan mulianya dibandingkan membuat vaksin, atau antivirus lainnya. Ini yang membuat peran teman-teman jurnalis sangat strategis,” ujarnya.

Kriteria Lomba

Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu menambahkan, penyelengaraan AJK 2020 mengangkat tema Bangkit dari Pandemi Covid-19, Menuju Masyarakat Produktif. Karya jurnalistik pun harus mengangkat tema peran pemerintah dan masyarakat dalam melawan dan bangkit dari pandemi Covid-19.

Kategori lomba mencakup liputan media cetak, media online, liputan TV, liputan radio, dan foto jurnalistik yang tayang pada 1 Maret hingga 7 November 2020. Proses pengiriman karya dilakukan melalui linktr.ee/AJKominfo yang disediakan per kategori lomba.

Pengumpulan karya jurnalistik dilakukan mulai 28 September hingga 7 November 2020, pengumuman 10 besar pada 15 November, serta puncak dan pengumuman pemenang AJK 2020 akan digelar secara virtual pada 17 November 2020.  

“Karya jurnalistik yang diikutsertakan memiliki informasi yang bermanfaat, proporsional, mengedukasi publik, serta harus memiliki keakuratan data dan memenuhi unsur-unsur jurnalistik,” jelas Nando, panggilan akrab Ferdinandus.

Peserta lomba bisa mengirimkan karya berupa hard news, soft news, atau features, liputan investigasi, indepth reporting, opini, dan jenis karya jurnalistik lain. Total hadiah untuk semua kategori lomba AJK 2020 senilai Rp 175 juta.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN