Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kemenkominfo bersama Pemerintah Kota Palopo berkolaborasi dalam kegiatan bertajuk Pekan Literasi Digital di Kota Palopo
Sumber: Istimewa

Kemenkominfo bersama Pemerintah Kota Palopo berkolaborasi dalam kegiatan bertajuk Pekan Literasi Digital di Kota Palopo Sumber: Istimewa

Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota Palopo

Selasa, 20 September 2022 | 09:27 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Kota Palopo berkolaborasi dalam kegiatan bertajuk ‘Pekan Literasi Digital di Kota Palopo’. Kegiatan dilaksanakan pada 6 September 2022, di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Pekan Literasi Digital ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Literasi Digital kepada lebih dari 700 peserta perwakilan masyarakat dan komunitas di Kota Palopo.

Walikota Palopo Judas Amir mengatakan, Pekan Literasi Digital ini sangat penting untuk mendorong peningkatan pengetahuan teknologi dan informasi masyarakat Indonesia. Menurutnya, Literasi Digital merupakan sebuah proses persiapan sumber daya manusia untuk memanfaatkan teknologi baru dan diharapkan dapat menghasilkan masyarakat yang cerdas dan cakap menggunakan teknologi digital. Sehingga masyarakat bisa menggunakan teknologi dengan bertanggung jawab.

Baca juga: Kemenkominfo dan Siberkreasi Dorong Bermedia Sosial Secara Bijak

Untuk itu, lanjut Judas, jangan hanya berhenti pada pemahaman dan penggunaan teknologi digital saja, tetapi harus memiliki integritas dan mengetahui etika digital. Jika hanya tahu bagaimana menggunakan teknologi digital tanpa mengetahui etikanya, maka itu bisa menjadi factor yang menyebabkan kejahatan siber, penyebaran berita bohong dan kejahatan lainnya.

“Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dengan etika dan nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai kebudayaan,” ungkapnya dalam keterangan pers, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Kemenkominfo Umumkan 15 Startup yang Lolos Seleksi SSI Batch 5

Rektor IAIN Kota Palopo Abdul Pirol menegaskan, dengan berkembangnya media digital, kita bisa mengalami banjir informasi jika tidak digunakan secara cerdas dan bijak. Media digital juga dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan semangat untuk melanjutkan aktivitas atau bekerja. Belum lagi, dengan kelimpahan informasi itulah, sulit membedakan mana info yang benar atau hoaks.

“Jika menggunakan media digitalnya tidak tahu waktu, kecanduan, kita tidak bisa membedakan mana yang harus kita kerjakan dan mana yang harus kita tinggalkan. Untuk itu, kita perlu memahami Literasi Digital ini dan bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Abdul.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com