Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) terima opini WTP LK 2019 dari anggota III BPK Achsanul Qosasi (kiri) di Jakarta, Kamis (6/8). (IST)

Menkominfo Johnny G Plate (kanan) terima opini WTP LK 2019 dari anggota III BPK Achsanul Qosasi (kiri) di Jakarta, Kamis (6/8). (IST)

Kemenkominfo Raih Opini WTP Ke-4 Kali

Kamis, 6 Agustus 2020 | 20:01 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2016.  Terakhir, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini WTP atas Laporan Keuangan (LK) Kemenkominfo tahun 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pemeriksaan keuangan oleh BPK sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Keuangan Negara, serta Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Maka, Kemenkominfo telah menyelesaikan LK audited Tahun 2019 dan menyampaikan kepada Kementerian Keuangan untuk dikonsolidasikan ke dalam LK pemerintah pusat,” tutur Johnny, dalam acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas LK Kemenkominfo Tahun 2019 oleh BPK di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (6/8).

Menurut dia, perjalanan hasil pemeriksaan atas LK Kemenkominfo yang telah empat tahun berturut-turut memperoleh WTP sebagai opini tertinggi yang diberikan oleh BPK, berdasarkan standar pemeriksaan atas melihat empat kriteria dasar.

“Yaitu, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah (SAP), kecukupan informasi LK, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern,” ujarnya.

Meskipun begitu, Menkominfo masih menekankan perbaikan sistem untuk mewujudkan zero temuan yang harus menjadi fokus Kemenkominfo. Terlebih lagi terhadap program prioritas yang perlu adanya quality assurance terhadap kegiatan yang memiliki risiko tinggi.

"Konsep Three Lines of Defense perlu dalam kerangka kerja pengendalian intern," tegasnya.

Hal itu juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo saat penyerahan DIPA Tahun 2020. Presiden menyatakan bahwa belanja, terutama belanja modal, agar secepat-cepatnya dibelanjakan dan dikontrol dengan baik.

Apresiasi BPK

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, pemeriksaan LK tahun 2019 merupakan masa pemeriksaan yang berat karena situasi pandemi Covid-19. Meskipun demikian, data yang diperoleh tim BPK selama pemeriksaan dinilai lebih mudah dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Apresiasi kami dari Badan Pemeriksa Keuangan, Bapak (Menkominfo) responnya cepat untuk memberikan data dan juga cepat untuk memberikan penjelasan, sehingga pemeriksaan di Kemenkominfo termasuk yang selesainya lebih cepat dari kementerian yang lain,” tuturnya.

Dia berharap,  BPK dan lembaga-lembaga negara harus terus berkoordinasi dan silaturahmi dalam melaksanakan tugas dan amanat undang-undang (UU), saling menghormati, dan saling menjaga baik dalam hal integritas maupun akuntabilitasnya.

“Atas nama Badan Pemeriksa Keuangan, kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Menkominfo dan kami ucapkan selamat atas pertanggungjawaban yang sudah dijalankan dengan baik selama empat tahun berturut-turut,” imbuhnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN