Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi. (IST)

Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi. (IST)

Kemenkominfo Siap Bangun Infrastruktur Telko di IKN Baru

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:54 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan kesiapannya membangun infrastruktur layanan telekomunikasi (telko) untuk mendukung konektivitas dan implementasi sistem kota cerdas (smart city) di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara di Kalimantan.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi menindaklanjuti pengesahan UU IKN baru sebagai kota yang smart, kompetitif di tingkat global, serta mampu menjadi lokomotif transformasi negara Indonesia menuju inovasi teknologi berbasis ekonomi hijau (green economy).

Seperti diketahui, DPR RI dengan disaksikan oleh perwakilan pemerintah pusat telah mengesahkan UU IKN di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1). Pengesahan UU tersebut menjadi tonggak akan dimulainya pemindahan ibu kota negara Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan.   

“Sampai saat ini, Kemenkominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses (lastmile) di IKN Baru yang meliputi infrastruktur penunjang perangkat aktif dan pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband,” ujar Dedy, Kamis (20/1). 

Menurut dia, Kemenkominfo telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan peta jalan (masterplan) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Hal tersebut sesuai dengan hasil koordinasi antara Kemenkominfo dan pihak terkait untuk penyiapan layanan telekomunikasi dengan menggunakan teknologi seluler terkini, yakni 5G, untuk mendukung layanan publik dan penerapan smart city di IKN baru. 

“Pemanfaatan teknologi 5G pada IKN baru diharapkan mampu mengatasi kendala sistem smart city berupa latency, atau tertundanya layanan telekomunikasi yang berpotensi terjadi pada saat menggunakan teknologi 4G, sehingga penerapan sistem smart city di IKN baru dapat berlangsung dengan prima,” imbuhnya. 

Kemenkominfo, melalui BLU Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), juga akan membangun jaringan Palapa Ring Integrasi tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di beragam wilayah Indonesia.

Jaringan Palapa Ring Integrasi tersebut termasuk di dalamnya akan menjangkau wilayah IKN baru dengan menghubungkan jalur eksisting Palapa Ring tengah ke titik IKN baru melalui jalur kota Balikpapan.

“Rencana proyek Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) untuk Palapa Ring integrasi telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan,” tutur Dedy.

Dia menegaskan bahwa Kemenkominfo siap melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan adopsi teknologi digital dalam menyambut IKN baru, mewujudkan Visi Indonesia 2045, dan Kota Dunia Untuk Semua.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN