Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi situs palsu pedulilindungia.com. (IST)

Ilustrasi situs palsu pedulilindungia.com. (IST)

Kemkominfo Nyatakan Pedulilindungia.com sebagai Situs Palsu

Kamis, 9 September 2021 | 18:09 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan bahwa munculnya pedulilindungia.com sebagai situs palsu (hoaks) untuk penanganganan Covid-19 oleh pemerintah di Indonesia. Situs yang benar digunakan oleh pemerintah, yakni pedulilindungi.id.   

Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi mengungkapkan bahwa situs pedulilindungia.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh pemerintah untuk melakukan penanganan terhadap Covid-19 di Tanah Air.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apa pun,” ujar Dedy, dalam keterangannya, Kamis (9/9).

Karena itu, menurut dia, Kemkominfo pun telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.

Selain itu, pemerintah menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beserta perubahannya.

Kemkominfo pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apa pun.

“Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store,” pungkas Dedy.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN