Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo jejaring sosial Amerika Serikat (AS) Facebook dan layanan pesan seluler WhatsApp terlihat di layar smartphone dan tablet. ( Foto: Lionel Bonaventure / AFP )

Logo jejaring sosial Amerika Serikat (AS) Facebook dan layanan pesan seluler WhatsApp terlihat di layar smartphone dan tablet. ( Foto: Lionel Bonaventure / AFP )

Kerja Sama dengan Operator Telko akan Untungkan OTT Asing

Minggu, 7 Februari 2021 | 21:36 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Rencana kebijakan tentang kewajiban kerja sama dengan penyelenggara jasa, atau jaringan telekomunikasi (telko), diyakini juga akan menguntungkan penyedia konten melalui jaringan internet (over-the-top/OTT) asing. Mereka akan punya akses untuk menjangkau pelanggan operator telko yang jumlahnya ratusan juta. 

Layanan konten yang masuk dalam kategori OTT, yakni Google, Facebook, Instagram, WhatsApp, Youtube, Twitter, Line, Netflix, Iflix, Lionsgate, dan lainnya.

Rencana adanya kewajiban OTT global dan juga lokal untuk bekerja sama dengan operator telko di Tanah Air diusulkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (RPP Pistelsiar) yang dibuat di bawah koordinasi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkominfo Johnny G Plate.

Country Head Lionsgate Play Indonesia Dr Guntur S Siboro mengatakan, pengaturan dalam RPP tersebut dinilainya sangat baik dan mengakomodasi seluruh kepentingan berbagai pihak (stakeholders) industri postelsiar di Indonesia. Intinya, penyelanggara OTT, baik itu lokal maupun asing, wajib bekerja sama dengan operator telko.

“Dengan adanya kewajiban kerja sama dengan penyelenggara jasa telko di Indonesia, OTT akan mendapatkan banyak manfaat. Satu di antaranya akan mendapatkan akses pasar di Indonesia yang lebih besar. Saat ini, akses pasar yang dimiliki operator telko merupakan salah satu yang terbesar untuk dijangkau OTT,” ujar Guntur, dalam pernyataannya, Minggu (7/2).

Selain itu, OTT bisa mendapatkan paket data yang sangat kompetitif untuk pelanggannya dengan bekerja sama dengan operator telko. Karena itu, dia pun menyarankan lebih baik OTT asing menerima kewajiban untuk bekerja sama dengan operator telko di Tanah Air.

Menurut dia, kewajiban tersebut akan berdampak positif terhadap kualitas layanan Lionsgate yang diberikan kepada masyarakat. Tanpa diwajibkan pemerintah, Lionsgate pun akan bekerja sama dengan penyelenggara jasa, atau jaringan telko karena lebih menguntungkan.

“Karena, dari segi bisnis, itu sangat menguntungkan bagi kami sebagai OTT asing. Pengalaman saya di perusahaan OTT asing  sebelumnya, kerja sama dengan operator telekomunikasi akan mendongkrak jumlah pelanggan," ungkap Guntur.

Kewajiban Pajak

Selain mendapatkan akses pasar yang besar, Guntur merasa perusahaan yang dipimpinnya juga punya kewajiban untuk membayar pajak. Dengan kewajiban bekerja sama, seluruh pajak yang harus dibayarkan oleh OTT asing dapat langsung dipungut oleh operator telko sebagai wajib pungut (Wapu) yang ditunjuk Kementerian Keuangan.

"Dengan bekerja sama dengan penyelenggara jasa, atau jaringan, mereka (operator) langsung pungut PPN dan PPh dari kita, sehingga perusahaan OTT asing yang beroperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia," tutur Guntur.

Dia juga menilai, salah satu pasal yang terdapat di RPP Postelsiar yang menyebutkan bahwa penyelenggara jaringan telko berhak melakukan pengelolaan trafik terhadap layanan OTT asing yang berusaha di Indonesia merupakan suatu kewajaran.

Sebab, pengaturan bandwidth terhadap OTT asing ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. OTT asing yang kerja sama juga tentu akan mendapatkan jaminan layanan terbaik dari operator telko.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN