Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Chief Technology Officer Mbiz Herdian Yoki (Foto: Herman/Beritasatu)

Chief Technology Officer Mbiz Herdian Yoki (Foto: Herman/Beritasatu)

Mbizmarket Beri Solusi Total e-Procurement bagi UMKM

Herman, Kamis, 14 November 2019 | 21:01 WIB

JAKARTA, investor.id - Mbiz telah meluncurkan sebuah platform marketplace business to business (B2B) yang diberi nama Mbizmarket sejak April 2019. Salah satu tujuannya untuk mempermudah proses total digitalisasi pengadaan secara elektronik (e-procurement) bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Platform tersebut sudah terintegrasi dengan solusi total e- procurement yang lengkap dan menyeluruh. Saat ini, sudah ada lebih dari 1.000 perusahaan yang terdaftar di Mbizmarket, baik itu sebagai pembeli maupun sebagai penjual, atau vendor.

Chief Technology Officer Mbiz Herdian Yoki menyampaikan, Mbizmarket merupakan marketplace B2B pertama di Indonesia yang menawarkan langsung tiga solusi utama, yaitu solusi transaksional, direktori, dan e-procurement.

“Hal ini sejalan dengan misi Mbiz untuk memberikan solusi bagi perusahaan, atau organisasi agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan bidang pengadaan,” ujar Herdian di Jakarta, Kami (14/11).

Dia pun menjelaskan tiga solusi yang ditawarkan Mbizmarket. Pertama, solusi transaksional memberikan pilihan-pilihan sistem yang akan memudahkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi secara B2B untuk kepentingan pengadaan.

Solusi tersebut meliputi opsi pembayaran berjangka (terms of payment), sistem pembelian kontraktual untuk pembeli, serta sistem pendanaan lewat pinjaman, atau pembiayaan dari mitra finansial Mbiz.

Kedua, solusi direktori akan memudahkan pembeli menemukan penjual untuk memenuhi kebutuhan terhadap barang dan jasa yang dicarinya. Solusi ini juga membantu penjual untuk memasarkan produk dan layanan jasa secara digital.

Terakhir, solusi e-procurement yang hadir dalam ekosistem Mbizmarket juga disediakan selengkap di platform pendahulunya, yakni Mbiz.co.id.

“Sebagai enabler terselenggaranya e-procurement, Mbizmarket diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para pebisnis pemula tentang pentingnya pencatatan dan penyimpanan dokumen dari seluruh transaksi secara digital,” ujarnya.

Fitur Pendukung

Selain tiga solusi tersebut, Mbiz memiliki komitmen yang tinggi dalam merancang dan mengembangkan fitur-fiturnya, sehingga akan selalu mampu menjawab berbagai dinamika di bidang pengadaan B2B. Keunikan lainnya, Mbiz tidak sekedar platform untuk pengadaan produk, atau barang, tetapi juga untuk pengadaan berbagai jasa untuk kebutuhan bisnis.

Mbizmarket menyediakan fitur-fitur pendukung proses e-procurement, seperti Budget Control, Spending Report & Analytics, Order & Fulfilment Tracking, hingga Digital Approval. Fitur-fitur ini menjadikan setiap transaksi B2B untuk keperluan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan melalui platform Mbiz tercatat dan 100% dapat diaudit.

Di Mbizmarket, perusahaan pembeli dan penjual juga difasilitasi fitur untuk melakukan negosiasi tanpa batas untuk bisa mendapatkan harga terbaik. Kemudian, selain bisa memilih langsung barang yang dibutuhkan, perusahaan bisa membuka permintaan penawaran.

Misalnya, sebuah perusahaan membutuhkan 100 laptop dengan spesifikasi tertentu. Nantinya, vendor yang sudah terdaftar di Mbizmarket akan memberikan penawaran yang sifatnya terbuka.

“Dari situ, perusahaan, atau pembeli bisa menentukan mana penawaran yang paling tepat untuk dikonversi menjadi transaksi,” jelas Herdian.

Dia menyampaikan, perusahaan dari skala perusahaan besar (enterprise) hingga UMKM dapat bergabung dengan Mbiz sebagai vendor barang dan jasa untuk kebutuhan dunia usaha.

Sementara itu, bagi UMKM yang menyediakan produk-produk terkustomisasi, atau jasa layanan yang spesifik, transaksi B2B melalui Mbizmarket, dikatakan Herdian, berpotensi mendorong peningkatan kapasitas dan performa bisnisnya.

“Sebab, rata-rata transaksi untuk kebutuhan e-procurement B2B berkuantitas besar. Mereka tak perlu membangun toko online sendiri. Cukup bergabung dengan Mbizmarket, mereka berpotensi menangkap peluang transaksi yang besar,” ungkap Herdian.

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA