Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam acara Zoom dengan Forum Pemred, terkait kesiapan MotoGP Mandalika 2022, Jumat (21/1)

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam acara Zoom dengan Forum Pemred, terkait kesiapan MotoGP Mandalika 2022, Jumat (21/1)

Menkominfo : Ajang MotoGP Dongkrak Kunjungan Wisatawan 19%

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, ajang MotoGP pada Maret 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal mendongkrak kunjungan wisatawan sebesar 19%. Oleh karena itu, berbagai persiapan dilakukan lintas sektor untuk menyukseskan ajang internasional ini.

“Moto GP Mandalika adalah etalase Indonesia di sport industri. Ini harus kita camkan betul. Karena ini etalase kita, baik etalase untuk dalam negeri, apalagi etalase untuk luar negeri. MotoGP ini banyak sekali penggemar-penggemarnya. Oleh karena itu, kita perkirakan akan mendorong kunjungan wisatawan meningkat sebesar 19%,” kata Johnny dalam acara pertemuan dengan Forum Pemred yang disiarkan secara virtual, Jumat (21/1).

Johnny merinci berbagai kesiapan untuk menyukseskan agenda besar ini. Pertama, infrastruktur sirkuit. Lalu, sektor transportasi, sektor kesehatan, sektor telekomunikasi dan sektor ekonomi.

“Aspek ekonomi pun demikian. Kita harapkan, ini investasi di sana untuk pembangunan ini sekitar US$ 150 juta. Kita harapkan bahawa dampak langsung dari kegiatan ini, multiplayer effect itu sekitar setengah triliun, langsung bisa menghasilkan,” ujar Johnny.

Menurut Johnny, selain ajang MotoGP, setiap tahun pariwisata di Mandalika juga harus terus tumbuh. “ Karena selain menjadi arena Moto GP, Mandalika menjadi kawasan prioritas, destinasi prioritas wisata kita. Itu kita harapkan juga sekitar US$ 40 juta setiap tahun akan dihasilkan dari perekonomiannya,” ungkap Johnny.

Johnny menjelaskan, ajang MotoGP ini sudah memberikan efek peningkatan lapangan kerja, sebesar 10.900, atau hampir 11 ribu lapangan pekerjaan yang dihasilkan. Yang langsung berkaitan dengan MotoGP mencapai 7945 orang atau hampir 8 ribu orang. Dan berkaitan dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), atau tenaga kerja untuk peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3000 orang.

“Jadi dampak-dampak langsungnya yang akan kita hasilkan di sisi ekonomi. Sehingga, kita harapkan komunikasi publik yang berkaitan dengan itu, kita lakukan dengan baik agar branding Indonesia, domestik dan dampak ekonominya, serta branding Indonesia di etalase dunia itu bisa kita capai dengan baik,” jelas Johnny.

Johnny juga mengungkapkan, peran komunikasi publik sangat penting di ajang ini. Sehingga, pesan-pesan yang disampiakan dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat aktitif di ajang ini.

“Nah ini pertama kali Moto GP ini memberikan kesan yang baik, yaitu semua aspek. Sehingga memberikan memori yang bagus buat penonton tetapi bagi pembalap sendiri. Ini ajang kompetisi tingkat internasional mereka rasakan. Nah ini yang harus kita perhatikan betul. Sehingga komunikasi publik kita harapkan dengan baik,” tutur Johnny.


 

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN