Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo: Implementasi Lebaran Digital Itu Keren

Senin, 17 Mei 2021 | 18:35 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menegaskan bahwa implementasi Lebaran digital pada momen Idul Fitri 1442 Hijriah berlangsung keren dan tidak mengurangi nilai silaturahmi.  Lebaran secara virtual dan tidak mudik dapat mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Lebaran dan silaturahmi digital itu keren. Hari ini (Senin, 17/5), kita lakukan itu tentu tidak mengurangi nilai silaturahminya, nilai memaafkannya tetap sama. Hanya itu disalurkan dengan cara berbeda, cara baru, yaitu virtual,” ujar Menkominfo, dalam Halal Bihalal Lebaran Digital Keren secara tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo (Kemkominfo), Jakarta, Senin (17/5).

Menurut Johnny, Presiden Joko Widodo secara khusus juga telah menyampaikan kepada para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah agar tidak melaksanakan Halal Bihalal secara fisik dalam perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Hal ini sebagai upaya dalam menghindari gelombang kedua (second wave) pandemi Covid-19. 

“Untuk itu, Kemkominfo telah menyampaikan berulang kali agar silaturahmi Idul Fitri di tahun yang kedua pada saat pandemi Covid-19 ini dirayakan lebih banyak melalui saluran virtual, atau daring,” jelasnya.

Momentum perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, lanjut dia, juga merupakan hari yang sangat bersejarah bagi umat manusia. Peringatan Idul Fitri tahun ini yang jatuh pada Kamis (13/5) juga bertepatan dengan Hari Kenaikan Yesus Kristus bagi umat Kristiani.

Kedua peristiwa tersebut untuk Indonesia merupakan momentum untuk terus mengukuhkan persaudaraan lintas iman, kedamaian antarumat, memupuk solidaritas, semangat kebangsaan, semangat persatuan, dan kesatuan di dalam masyarakat dan bangsa  yang majemuk.

Menurut Menkominfo, momen Idul Fitri juga mempunyai makna hari puncak setelah melaksanakan puasa Ramadan sepanjang 30 hari. Dengan merayakan Idul Fitri, umat Islam kembali suci setelah berpuasa penuh selama bulan Ramadan.

Halal Bihalal Lebaran Digital Keren Kemkominfo dihadiri secara langsung oleh seluruh pejabat pimpinan tinggi madya. Hadir pula secara virtual Ketua Dewan Pers M Nuh, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Agung Suprio, dan Wakil Ketua Komisi Informasi Hendra J Kede, serta 1.000 pegawai Kemkominfo melalui aplikasi Zoom dan lebih dari 500 orang menyaksikan lewat YouTube KemkominfoTV.

“Memang masih sangat hangat perayaan Idul Fitri kita, secara khusus atas nama pribadi dan atas nama keluarga, sekali lagi, saya menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin, minal aidin wal faizin kepada kita sekalian,” ungkapnya.

Tidak Mudik

Perayaan Idul Fitri tahun ini merupakan kali kedua yang berlangsung di masa pandemi Covid-19. Menkominfo pun menberikan apresiasi kepada masyarakat dan sivitas Kemkominfo yang telah menahan diri untuk tidak mudik ke kampung halaman.

“Tidak mudik kali ini tentu bertujuan baik. Tidak mudik kali ini bukan memisahkan silaturahmi dan kedekatan dan keeratan kultural. Tapi tidak mudik kali ini adalah agar kita mempunyai resiliensi daya tahan yang kuat untuk memutus rantai persebaran Covid-19,” tegasnya.

Johnny mengatakan bahwa tujuan tidak mudik untuk memastikan Indonesia sukses dan berhasil mengalahkan Covid-19. Dengan demikian, bangsa ini bisa kembali bangkit untuk merebut kemenangan, kembali bertumbuh, khususnya di bidang perekonomian, demi kesejahteraan masyarakat sebagai cita-cita bersama sebagai bangsa dan negara.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN