Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (tengah) mengumumkan 15 nama calon anggota Dewas Menkominfo Johnny G Plate (tengah) mengumumkan 15 nama calon anggota Dewas LPP RRI periode 2021-2026. (IS)

Menkominfo Johnny G Plate (tengah) mengumumkan 15 nama calon anggota Dewas Menkominfo Johnny G Plate (tengah) mengumumkan 15 nama calon anggota Dewas LPP RRI periode 2021-2026. (IS)

Menkominfo Umumkan 15 Nama Calon Dewas LPP RRI

Jumat, 19 Februari 2021 | 19:16 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengumumkan 15 nama hasil kerja Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (Dewas LPP RRI) periode 2021-2026.

Mereka yang terpilih dari unsur masyarakat terdiri atas Agnes Irwanti, Anwar Mujahid Adhy Trisnanto, Bondan Kartiko Kurniawan, Fidelis Indriarto Diponegoro, Gun Gun Siswadi (pensiunan PNS), I Hendrasmo, MM Rini Purwandari, Muhamad Kusnaeni, Muhammad Sujai, dan Sri Purwanto.

Selanjutnya, calon Dewas LPP RRI dari unsur PNS terdiri atas Darmanto, Erderiman Butar Butar (RRI), Mohammad Rohanudin (RRI), Rahadian Gingging M (RRI), dan Yonas Markus Tuhuleruw (RRI).

“Sesuai peraturan perundang-undangan, ke-15 nama calon anggota Dewan Pengawas LPP RRI Tahun 2021-2026 dikirimkan kepada Presiden RI dan Bapak Presiden akan mengirimkannya kepada Dewan Perwakilan Rakyat RI untuk dilakukan fit and proper test dan ditetapkan lima orang sebagai anggota Dewas LPP RRI terpilih,” kata Johnny, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (19/2).

Menurut Menkominfo, 15 calon yang lolos tersebut diseleksi dari 184 orang yang lolos seleksi administrasi dari pendaftaran sejak bulan Oktober tahun lalu dan berlangsung dalam lima tahap.

"Akhirnya, 15 nama dinyatakan lolos seleksi administratif dan telah mengikuti proses seleksi lanjutan yang secara transparan dan akuntabel,” imbuhnya.

Proses seleksi meliputi tahap seleksi administrasi, penulisan makalah, assesment test, wawancara, dan penelusuran rekam jejak. "Pertama, seleksi administrasi, kemudian, dilanjutkan dengan tes penulisan makalah yang dilaksanakan pada 16 November 2020," jelas Johnny.

Dia juga menyampaikan, assessment test dilaksanakan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) pada 10 Desember 2020. "Keempat, Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) Test yang dilaksanakan oleh RSPAD Gatot Soebroto pada tanggal 26 Januari 2021," tuturnya.

Dalam proses seleksi, tes wawancara juga dilakukan oleh seluruh anggota panitia seleksi pada tanggal 10 sampai dengan 11 Februari 2021.

"Ada juga penelusuran rekam jejak yang melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan penelusuran rekam jejak digital,” ungkap Johnny.

Semuanya itu dilaksanakan oleh panitia seleksi yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 424 Tahun 2020.

"Melalui Keputusan Menteri itu pula, panitia seleksi telah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Periode Tahun 2021-2026," pungkas Menkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN