Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo aplikasi media sosial TikTok terpampang di layar ponsel. ( Foto: OLIVIER DOULIERY / AFP )

Logo aplikasi media sosial TikTok terpampang di layar ponsel. ( Foto: OLIVIER DOULIERY / AFP )

Microsoft Akan Beli TikTok

Senin, 3 Agustus 2020 | 07:53 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id - Microsoft mengkonfirmasi akan membeli TikTok di AS, Kanada, Australia dan Selandia Baru. Microsoft kemungkinan akan menawarkan investor Amerika lainnya untuk terlibat dalam akuisisi.

Pada Minggu (Senin pagi WIB), Microsoft mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah mengadakan pembicaraan dengan perusahaan teknologi Cina ByteDance untuk memperoleh aplikasi sosialnya yang trendi TikTok di AS.

Microsoft mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan tetap bekerja dengan pemerintah AS dalam suatu kesepakatan untuk menyelesaikan kontroversi baru-baru ini di Washington dan mendapatkan kekuatan dalam teknologi konsumen.

Pernyataan itu muncul dua hari setelah outlet media termasuk CNBC melaporkan bahwa Microsoft tertarik untuk memperoleh aplikasi tersebut, yang dimiliki oleh perusahaan Cina ByteDance.

Segera setelah laporan muncul, Presiden Trump mengatakan bahwa dia menentang gagasan Microsoft membeli TikTok dan bahwa dia akan pindah untuk melarang aplikasi di AS.

"Struktur baru ini akan dibangun berdasarkan pengalaman yang sangat disukai pengguna TikTok, sambil menambahkan keamanan kelas dunia, privasi, dan perlindungan keamanan digital," kata Microsoft.

"Model operasi untuk layanan akan dibangun untuk memastikan transparansi kepada pengguna serta pengawasan keamanan yang sesuai oleh pemerintah di negara-negara ini."

Trump setuju untuk memberikan ByteDance 45 hari untuk memotong kesepakatan dengan Microsoft atas TikTok, Reuters melaporkan pada hari Minggu.

Microsoft mengatakan akan memastikan bahwa data pengguna TikTok di AS akan berlokasi di negara itu dan bahwa data yang disimpan di tempat lain akan dihapus setelah dipindahkan.

Memperoleh bagian dari TikTok dapat mempersulit hubungan Microsoft dengan perusahaan media sosial Facebook, yang menganggap Bytedance sebagai pesaing.

Microsoft berinvestasi di Facebook pada 2007, dan kedua perusahaan telah bekerja sama dalam hal produk. Pada bulan Juni, ketika Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan streaming video game Mixer-nya, itu mendorong pengguna untuk beralih ke produk pesaing Facebook.

Dilarang

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengatakan akan segera bertindak untuk melarang aplikasi video TikTok. Tindakan ini disebut Trump sebagai “pesangon” dari ketegangan hubungan kedua negara.

Saat mengobrol dengan wartawan di Air Force One selama penerbangan kembali ke Washington dari Florida, Trump menegaskan bahwa dirinya akan melarang TikTok beroperasi di AS.

"Sejauh menyangkut TikTok, kami melarang mereka dari Amerika Serikat," kata Trump. Namun, ia tidak menentukan apakah dia akan bertindak melalui perintah eksekutif, atau metode lain.

“Yah, aku punya otoritas itu. Saya bisa melakukannya dengan perintah eksekutif atau itu, ”kata Trump.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada NBC News bahwa aplikasi tersebut membantu menciptakan pekerjaan di seluruh AS dan berkomitmen untuk privasi pengguna.

“Kami telah mempekerjakan hampir 1.000 orang untuk tim AS tahun ini saja, dan bangga mempekerjakan 10.000 karyawan lain untuk pekerjaan dengan gaji besar di AS,” kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan.

“Dana pencipta $ 1 miliar kami membangun mata pencaharian dari platform kami. Data pengguna TikTok AS disimpan di AS, dengan kontrol ketat pada akses karyawan," katanya.

Ia menjelaskan, investor TikTok terbesar berasal dari AS. “Kami berkomitmen untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna kami saat kami terus bekerja untuk membawa sukacita bagi keluarga dan karier yang berarti bagi mereka yang menciptakan di platform kami. "

Komentar Trump muncul ketika dilaporkan pada hari Jumat bahwa Microsoft telah mengadakan pembicaraan untuk membeli aplikasi mobile berbagi video TikTok dari pemilik Cina ByteDance.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN