Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu. (IST)

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu. (IST)

Migrasi Siaran TV Digital Tahap I pada 17 Agustus 2021

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:20 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan penghentian penyiaran TV analog terestrial tak berbayar dan bermigrasi ke siaran TV digital ((analog switch off/ASO) dengan tahap I terjadi pada 17 Agustus 2021.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu mengatakan, tahap I ASO direncanakan meliputi Kota Banda Aceh, Kota Batam, Kota Serang, Kota Samarinda, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, serta beberapa daerah yang di sekitar kota dan kabupaten tersebut.

“Sejalan dengan rencana ASO tahap I tersebut, pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (PP Postelsiar), juga mengamanatkan perlindungan bagi rumah tangga miskin berupa bantuan alat bantu penerimaan siaran (set top box),” ujar Nando, panggilan akrab Ferdinandus Setu, dikutip Kamis (22/7).

Menutut dia, ser top box akan berfungsi untuk mendukung siaran TV digital pada perangkat televisi lama di rumah masyarakat yang selama ini hanya dapat menerima siaran analog, sehingga tetap dapat menyaksikan siaran tanpa mengganti perangkat TV-nya.

Saat ini, Kemkominfo tengah mempersiapkan pelaksanaan penyaluran set top box untuk rumah tangga miskin. Penyediaan alat ini dari kontribusi penyelenggara multipleksing secara proporsional dan pemerintah melalui LPP TVRI.

“Pembagian set top box untuk ASO tahap pertama akan disediakan oleh Grup Surya Citra Media (SCM), Media, dan Rajawali, melalui koordinasi dengan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota yang wilayahnya masuk dalam tahap I ASO,” ujarnya.

Kemkominfo pun mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di daerah-daerah ASO tahap I untuk segera beralih ke siaran digital. Karena, hampir seluruh siaran analog sudah tersedia secara digital dengan kualitas yang jauh lebih baik.

“Apabila perangkat TV di rumahnya belum digital, masyarakat cukup dengan memasang set top box. Pemerintah dengan para pemangku kepentingan akan terus melakukan persiapan, sehingga proses transisi ke siaran digital pada tanggal 17 Agustus 2021 berjalan dengan baik,” tutur Nando.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN