Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 Dalam kesempatan Kick Off Budget 2020 pada Selasa (14/1),  MUTU International meluncurkan visi MUTU Goes Digital, yang berisi seperangkat

Dalam kesempatan Kick Off Budget 2020 pada Selasa (14/1), MUTU International meluncurkan visi MUTU Goes Digital, yang berisi seperangkat

MUTU International Siap Hadapi Tantangan Ekosistem Digital

Imam Suhartadi, Selasa, 14 Januari 2020 | 22:19 WIB

JAKARTA, investor.id - Perubahan, bagi MUTU International, perusahaan yang berkonsentrasi di bidang Testing, Inspection & Certification, adalah keniscayaan jaman. Perubahan yang dapat dipersepsi sebagai ancaman, namun perusahaan ini lebih menanggapinya sebagai hal yang banyak membuka peluang-peluang baru.

Dalam pencapaian misinya, di kesempatan Kick Off Budget 2020 itu, lanjut dia, MUTU International meluncurkan visi MUTU Goes Digital, yang berisi seperangkat  perilaku  cepat, adaptif dan kolaboratif, sebagai jawaban terhadap tantangan ekosistem digital yang tak mungkin lagi dibendung. 

Perusahaan ini, terhitung telah 30 tahun memberikan layanan di Indonesia. Ditempa berbagai tantangan, namun juga menorehkan prestasi membanggakan. Pencapaian itu turut mempengaruhi iklim bisnis dan perdagangan Indonesia, bahkan hingga ke kancah internasional. Kini, di tengah tumbuhnya ekosistem Industry 4.0, MUTU International menghadapi tantangan baru yang tak kecil. Ini semua harus dijawab dengan formula yang tepat. 

Terkait dengan itu, Arifin Lambaga, Presiden Direktur Mutuagung Lestari yang ditemui di sela-sela acara peluncuruan Kick Off Budget 2020, menjelaskan, tuntutan untuk bergerak cepat, adaptif, dan kolaboratif, menuntut penyiapan infrastruktur maupun mentalitas sumberdaya manusia yang memadai.

“Terlebih ketika Mutu International mencanangkan pencapaian pendapatan yang terbilang cukup besar, dalam waktu yang tak terlalu lama. Maka dalam mencapai visi tersebut, diperlukan formula untuk mendorong sistematisasi strategi yang unggul dan efektif,” kata Arifin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/1).

Lebih lanjut diuraikannya, sikap cepat adalah perilaku senantiasa tanggap dalam mengikuti perkembangan di lingkup global, regional, maupun nasional. Selera konsumen yang terus berubah, tuntutan kualitas yang makin tinggi, kemudahan penggunaan teknologi, maupun persaingan yang kian terasa menekan, harus dijawab secara real time.

Untuk menjawab itu, MUTU International senantiasa melakukan pengkajian dan penerapan teknologi, yang mampu menjawab tuntutan, namun memiliki kesesuaian dengan budaya perusahaan. 

Di sisi yang berhadapan dengan tuntutan kecepatan, sikap adaptif juga sangat diperlukan untuk mengikuti perkembangan terbaru.

Adaptif adalah sikap yang berupaya terus-menerus menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan organisasi. Stabilitas yang banyak jadi cara berpikir perusahaan, sering menghalangi lahirnya sikap adaptif. Maka MUTU International mengembangkan iklim belajar, learning organization dan pemanfaatan data pasar yang secara regular dianalisis. Ini akan jadi cikal bakal pemanfaatan big data. Implikasi dari langkah ini adalah selarasnya langkah perusahaan dengan tuntutan pasar.   

Untuk mengatasi kontradiksi sikap cepat dengan adaptasi yang mutlak dijalankan, lanjut dia, maka dikembangkan sikap kolaboratif. Kolaboratif berarti memadukan unsur-unsur unggul, bahkan yang bersumber dari luar organisasi perusahaan.

Strategi kolaboratif MUTU International adalah memanfaatkan SDM maupun teknologi yang dimiliki pihak-pihak lain untuk dipadukan dengan SDM maupun keunggulan yang telah dimiliki internal perusahaan. “Memunculkan sikap egaliter dalam produksi, distribusi dan konsumsi informasi.

" Ujung dari sikap kolaboratif yang dikembangkan MUTU International adalah pemberdayaan pada setiap informasi yang diterima, untuk dikembangkan sebagai inovasi, demi kepuasan konsumen terus menerus,” kata Arifin Lambaga,. Untuk, brainware yang ada di balik eksekusi, kata dia, manajerial MUTU International telah mempersiapkannya dengan seksama dan sistematis.

Diketahui, PT Mutuagung Lestari adalah lembaga sertifikasi dengan brand MUTU International yang berdiri pada tahun 1990. Mutu International memiliki layanan yang meliputi jasa sertifikasi, inspeksi, dan pengujian. Hingga saat ini, MUTU International sudah melayani lebih dari 2000 klien meliputi sektor swasta maupun instansi pemerintah yang tersebar di seluruh Indonesia maupun klien internasional di kawasan Asia Pasifik.

Untuk mengembangkan aktivitas bisnisnya, MUTU International memperluas cakupan pasar melalui pembukaan kantor-kantor cabang baik nasional maupun internasional yang terletak di Batam, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pangkalan Bun, Samarinda, Makassar, Jepang, China, Malaysia, dan Vietnam.



 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA