Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 Founder & Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara berbincang dengan rekan media di cara Media Brunch NXC International Summit 2022 by WIR Group. (IST)

Founder & Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara berbincang dengan rekan media di cara Media Brunch NXC International Summit 2022 by WIR Group. (IST)

Mengakselerasi Pertumbuhan Unicorn di Indonesia

NXC International Summit 2022 by WIR Group akan Digelar di Bali

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:39 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – NXC (Nexticorn) International Summit 2022 by WIR Group akan digelar di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali, pada 31 Agustus hingga 2 September 2022. Kegiatan ini digelar sebagai upaya mengakselerasi pertumbuhan unicorn dan mempertemukan tak kurang dari 110 start-up Indonesia dengan para investor.

NXC International Summit 2022 by WIR Group akan memiliki agenda besar, beberapa di antaranya Web3 Conference & Expo, NXC Start-up Conference, dan NXC Startup Matchmaking.

Advertisement

Founder dan Chairman NextIcorn Foundation Rudiantara pun menyampaikan visi 25 By 25. Artinya, Indonesia akan mengejar target untuk memiliki 25 start-up berstatus unicorn tahun 2025.

“Hal ini selaras dengan visi Indonesia di peta Asia yang digadang sebagai The Digital Energy of Asia,” tutur Rudiantara kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Pemerintah Berikan Stimulus untuk Start-up

Sementara itu, hadir pula untuk mendukung program besutan NextICorn Foundation tersebut sebagai pendukung strategis, antara lain Daniel Surya (Group Executive Chairman WIR Group), Cheryl Ng (Vice President Marketing Alpha JWC Ventures), dan Nanda Ivens (CMO Tokocrypto). Selain itu, hadir rekan strategis Ernst & Young Indonesia yang diwakili oleh Dr David Rimbo (Managing Partner EY Indonesia).

Daniel Surya pun menyampaikan antusiasmenya dalam mendukung program Nexticorn Foundation. Sebagai perusahaan metaverse pertama dan terbesar di Asia Tenggara, WIR Group disebutnya telah memenangkan banyak award di kancah metaverse dunia.

WIR Group memiliki misi untuk memperkaya kehidupan masyarakat melalui solusi digital reality, seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI).

Gelaran NXC International Summit 2022 akan dihadiri beberapa pembicara, di antaranya Katleen Evers (The Sandbox), Benjamin Denis (EdgeGap), Michael Healy (Unit Network), Gwendolyn Regina (Binance), dan beberapa nama lain lainnya.

Ada juga investor dan Top-tier Global Venture Capitals (VCs) yang akan dihadirkan, seperti Sequoia Capital, GIC, MUFG Innovation Partners, BEENEXT, 1982 Ventures, IFC, Saison Capital, dan masih banyak lagi. Ada juga lebih dari 110 start-up yang sudah tercatat akan berpartisipasi di program VC-Startup matchmaking.

Selain dari konferensi yang mendatangkan pembicara global, NXC International Summit 2022 by WIR Group akan menyediakan Experience and Exhibition Area. Pengunjung pun bisa merasakan dan mencoba secara langsung teknologi web3, seperti AR, VR, extended reality  (ER), dan banyak lainnya.

Perkembangan Unicorn

Sementara itu, perkembangan teknologi dan bisnis start-up di Indonesia sedang dalam performa terbaiknya. Tahun 2016, tercatat sebagai kelahiran pertama start-up dengan valuasi minimal US$ 1 miliar (unicorn) di Indonesia, yakni Gojek, dan hingga tahun 2019, Indonesia sudah memiliki 6 unicorn.

Pandemi telah membawa semangat pertumbuhan dan akselerasi unicorn yang ebih baik. Tercatat, sudah ada delapan unicorn baru di Indonesia pada 2020 dan 2021.

Baca jugaPandu Sjahrir Ingatkan Founder Waspadai Bubble Burst Start-up

Tak hanya itu, saat ini, Indonesia mempunyai banyak start-up bervaluasi di bawah US$ 1 miliar (soonicorn) yang sangat berpotensi untuk berkembang menjadi lebih besar lagi. Yayasan NextICorn (Next Indonesian Unicorns) yang sudah berkiprah sejak 2028 pun melihat potensi besar start-up perlu untuk dikawal dan dibantu akselerasi pertumbuhannya.

Karena itu, misi NextICorn menciptakan Indonesia sebagai surga investasi digital yang menyediakan ruang serta mempertemukan secara langsung para investor dari seluruh dunia dengan start-up terbaik Indonesia, sehingga suatu saat bisa berstatus unicorn.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN