Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Founder dan CEO Oppo Tony Chen. (Dok Oppo)

Founder dan CEO Oppo Tony Chen. (Dok Oppo)

Oppo Investasi Rp 98 T untuk Ekosistem Perangkat Pintar

Rabu, 11 Desember 2019 | 23:00 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Oppo, perusahaan teknologi yang berbasis di Tiongkok, akan membangun ekosistem perangkat pintar dalam tiga tahun ke depan. Nilai investasi yang ditanamkan pun sangat besar mencapai hingga US$ 7 miliar, atau sekitar Rp 98,1 triliun.

"Anggaran untuk penelitian dan pengembangan sebesar US$ 7 miliar akan digunakan dalam pengembangan teknologi inti pada perangkat keras, perangkat lunak, dan pengembangan 5G/6G, AI (artificial intelligence), AR (augmented reality), big data, dan teknologi terdepan lainnya," kata Founder dan CEO Oppo Tony Chen, dalam keterangannya, Rabu (11/12).

Oppo berencana mengimplementasikan tiga strategi kunci untuk meraih kesempatan pengembangan teknologi seluler generasi kelima (5G). Pertama, Oppo akan tetap berkomitmen pada pengembangan dan penelitian teknologi untuk mengembangkan teknologi terkemuka di dunia.

Kedua, Oppo akan membangun ekosistem multiportal perangkat cerdas dengan ponsel pintar (smartphone) sebagai gerbang jaringan (gateway) utama. Ketiga, Oppo akan terus melihat kembali layanan pengguna dan mengoptimalkan konten dan menawarkan inovasi layanannya.

Chen memaparkan, ke depannya, seiring dengan semakin maraknya adopsi teknologi 5G di berbagai negara dan peningkatan kecerdasan buatan, era konektivitas cerdas akan semakin terjangkau.

“Konsep dari konektivitas cerdas terdiri dari empat bagian utama, yakni konvergensi teknologi dan layanan, konvergensi organisasi, konvergensi budaya dan teknologi, serta seni dan manusia,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, Oppo telah berkembang lebih dari sekedar produsen perangkat telepon sejak awal. Faktanya, smartphone hanyalah menjadi gateway untuk menghadirkan berbagai macam portofolio layanan teknologi lainnya.

“Bagi Oppo, bahkan seluruh industri, tidak akan ada perusahaan yang hanya berfokus pada satu produk smartphone,” ungkapnya.

Vice President dan Kepala Oppo Research Institute Levin Liu menambahkan, model teknologi di mana 5G dan AI akan berfungsi sebagai infrastruktur dan kapasitas inti yang mengintegrasikan keseluruhan teknologi untuk menciptakan sebuah pengalaman teknologi konsisten yang menyeluruh.

"Oppo akan mengikuti konsep tiga strategi kunci sebagai roadmap (peta jalan) yang mencakup skenario pribadi, skenario vertikal, dan konvergensi skenario, untuk merencanakan susunan lini perangkat ke depan," ujar Liu, melanjutkan.

Melalui gelaran OPPO INNO DAY 2019 yang mengusung tema Create Beyond Boundaries di Shenzhen, Tiongkok, Selasa (10/12), Liu juga menambahkan bahwa Oppo berencana untuk meluncurkan jam pintar (smart watch), ponsel pintar jaringan tanpa kabel (smart wireless headphone), dan 5G CPE pada kuartal I-2020.

Liu juga menuturkan, Oppo AR Glass, menjadi salah satu perangkat IoT Oppo yang juga akan meluncur pada kuartal I tahun depan. Event Oppo di Shenzhen tersebut digelar untuk memberikan gambaran mengenai tren dan prospek industri pada era konektivitas cerdas yang didukung oleh jaringan 5G. Kegiatan ini juga ingin memberikan panduan untuk pengembangan ekosistem cerdas dan konvergen di masa depan.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN