Menu
Sign in
@ Contact
Search
Oracle. ( Foto: Istimewa )

Oracle. ( Foto: Istimewa )

Oracle Merilis Platform Java 19

Rabu, 28 September 2022 | 22:12 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Oracle mengumumkan ketersediaan Java 19 (Oracle JDK 19), versi terbaru dari bahasa pemrograman dan platform pengembangan nomor satu dunia. Oracle akan memamerkan kemampuan terbaru Java 19 di JavaOne 2022 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, 17-20 Oktober.

Oracle Java Development Kit (JDK) 19 menghadirkan ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para developer meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi di seluruh bisnis.

“Seiring dengan perecepatan upaya transformasi digital yang terjadi secara terus-menerus saat ini, komunitas developer akan berperan penting dalam perjalanan ini,” kata Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas, dalam pernyataannya, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Kolaborasi Oracle dan AWS Luncurkan Layanan MySQL HeatWave

Dengan Java 19, lanjut dia, Oracle bertujuan untuk memberikan perkembangan dalam perusahaan di Indonesia melalui inovasi terbaru dan membantu mereka membuat aplikasi dan layanan inovatif untuk generasi bisnis berikutnya.

Davian menjelaskan, JDK terbaru tersebut menyediakan pembaruan dan peningkatan dengan tujuh Enhancement Proposals JDK (JEP). Sebagian besar pembaruan dihadirkan sebagai fitur pratinjau tindak lanjut guna meningkatkan fungsionalitas yang diperkenalkan pada versi sebelumnya.

JDK 19 pun memberikan peningkatan bahasa dalam proyek OpenJDK Amber (Pola Rekam dan Pencocokan Pola untuk Switch), peningkatan perpustakaan untuk beroperasi dengan kode non-Java (Fungsi Asing dan API Memori) dengan memanfaatkan instruksi vektor (API Vektor) dari proyek OpenJDK Panama.

Selanjutnya, pratinjau pertama untuk Project Loom (Utas Virtual dan Konkurensi Terstruktur), yang secara drastis akan mengurangi upaya yang diperlukan untuk menulis dan memelihara aplikasi bersamaan dengan throughput tinggi di Java.

“Para developer Java semakin mencari alat untuk membantu mereka secara efisien guna membangun aplikasi yang sangat fungsional untuk ditempatkan di cloud, on-premise, dan di lingkungan hybrid,” tambah  Research Vice President, Software Development IDC Arnal Dayaratna.

Menurut dia, peningkatan Java 19 telah memenuhi persyaratan tersebut dan menggambarkan bagaimana ekosistem Java diposisikan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan developer dan perusahaan saat ini dan di masa depan.

Oracle diketahui memberikan Fitur Java baru setiap enam bulan melalui jadwal rilis yang dapat diprediksi. Pembaruan terbaru tersebut pun memberikan aliran inovasi yang stabil, sambil memberikan peningkatan berkelanjutan pada kinerja, stabilitas, dan keamanan platform, sehingga membantu peningkatan pervasive Java di seluruh organisasi dan skala industri.

Baca juga: Oracle Academy Bekali Siswa dengan Keterampilan Teknologi

Pembaruan Signifikan

Sementara itu, lebih jelasnya, pembaruan di platform Java 19 antara lain pada pembaruan peningkatan bahasa. Pertama, JEP 405: Pola Rekam (Preview), yang memungkinkan pengguna untuk menyusun pola rekaman dan tipe untuk membuat bentuk navigasi dan pemrosesan data yang kuat, deklaratif, dan dapat disusun.

Kedua, JEP 427: Pencocokan Pola untuk Switch (Preview Ketiga), yang berfungsi mengaktifkan pencocokan pola untuk switch expressions dan pernyataan dengan mengizinkan suatu expression diuji terhadap sejumlah pola.

Selanjutnya, ada pembaruan peningkatan alat perpustakaan. Pertama, JEP 424: Foreign Function and Memory API (Preview), yang memungkinkan program Java untuk lebih mudah beroperasi dengan kode dan data di luar runtime Java.

Kedua, JEP 426: Vector API (Incubator Keempat), memungkinkan kinerja yang unggul dibandingkan dengan komputasi skalar yang setara. Ini dilakukan dengan mengekspresikan komputasi vektor yang dikompilasi secara andal saat runtime ke instruksi vektor pada arsitektur CPU yang di-support.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com