Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ki-ka: Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dan Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra saat penadatangan kerjasama inklusi keuangan digital di Jakarta, Rabu (8/1). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Foto ki-ka: Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dan Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra saat penadatangan kerjasama inklusi keuangan digital di Jakarta, Rabu (8/1). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Dorong Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

OVO dan Pegadaian Berkolaborasi

Emanuel Kure/Novy Lumanauw, Rabu, 8 Januari 2020 | 19:59 WIB

JAKARTA, investor.id - OVO, platform pembayaran dan layanan keuangan digital terdepan, menjalin kolaborasi dengan PT Pegadaian Persero untuk memperluas layanan sekaligus mendorong pertumbuhan dan pemerataan inklusi keuangan di Indonesia.

Sinergi antara institusi keuangan nonbank tertua di nusantara (Pegadaian) dan unicorn (OVO) teknologi finansial pertama Indonesia tersebut berpotensi membawa lebih dari 13,4 juta nasabah Pegadaian ke dalam ekosistem keuangan digital yang terintegrasi, aman, dan mudah digunakan.

Berdasarkan data terakhir, OVO telah memproses 1 miliar transaksi dalam satu tahun secara real time, atau telah terjadi peningkatan jumlah transaksi mencapai lebih dari 70% tahun 2019.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, kesepakatan antara OVO dan Pegadaian itu akan semakin meniadakan kesenjangan layanan keuangan berbasis teknologi bagi pengguna. Bahkan, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok Tanah Air.

Pegadaian - OVO usai penadatangan kerjasama inklusi keuangan digital di Jakarta, Rabu (8/1).
Pegadaian - OVO usai penadatangan kerjasama inklusi keuangan digital di Jakarta, Rabu (8/1).

Nasabah Pegadaian dan pengguna OVO kini pun dapat memperoleh pengalaman bertransaksi secara nontunai dengan lebih aman, nyaman, dan mudah. “Hal ini sejalan dengan visi OVO untuk menghadirkan akses keuangan digital yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Karaniya, saat Penandatanganan Kerja Sama Kedua Perusahaan, di Jakarta, Rab, (8/1).

Karaniya pun menegaskan komitmen OVO dalam mendukung target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Hadir sebagai salah satu motor utama perubahan lanskap pembayaran digital sejak 2017, OVO terus berupaya menjadi solusi layanan finansial terpadu dan secara aktif mendukung Gerakan Nasional Non Tunai serta inovasi QRIS dari Bank Indonesia,” ujariya.

Dia melanjutkan, sebagai upaya demokratisasi layanan keuangan digital, OVO secara khusus merangkul masyarakat yang belum tersentuh kemudahan layanan keuangan modern ke dalam ekosistem ekonomi digital. Saat ini, 28% pengguna OVO termasuk kategori yang belum tersentuh layanan perbankan (underbanked).

Akses Nasabah

Sementara itu, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengungkapkan, kerja sama dengan OVO akan meningkatkan akses nasabah Pegadaian ke dalam ekosistem keuangan digital nasional yang terus berkembang.

Menurut dia, Pegadaian perlu memastikan pemerataan akses terhadap sistem pembayaran modern yang terintegrasi, aman dan nyaman, serta akuntabel. Kerja sama Pegadaian dan OVO pun akan mengedukasi lebih banyak masyarakat untuk bertransaksi secara nontunai.

“Kolaborasi ini kunci bagi pelaku industri keuangan seperti kami untuk terus bertumbuh bersama,” tutur Kuswiyoto

Dengan kerja sama tersebut, nasabah Pegadaian akan melakukan transaksi keuangan melalui OVO, seperti pembayaran, top-up, serta pencairan (disbursement). Kerja sama ini juga akan meliputi program pendaftaran, registrasi, dan upgrade OVO sesuai dengan penerapan prinsip-prinsip know-your-customer (KYC) OVO.

Di samping itu, kedua belah pihak juga terbuka untuk menggali potensi kerja sama dan sinergi strategis lainnya untuk semakin meningkatkan layanan bagi nasabah Pegadaian dan OVO.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA