Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seorang pengguna bertransaksi dengan aplikasi OVO. (IST)

Seorang pengguna bertransaksi dengan aplikasi OVO. (IST)

Berhasil dalam Transformasi Digital Kartu Prakerja

OVO Raih Branch Mobile Growth Awards 2020

Senin, 1 Februari 2021 | 20:16 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - OVO, platform pembayaran digital, rewards​, dan layanan finansial terkemuka, menjadi satu-satunya perusahaan digital asal Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan Branch Mobile Growth Awards 2020 untuk kategori Transformasi Digital.

OVO dinilai berhasil mendorong transformasi digital atas perannya dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk membangun dan menyalurkan dana insentif Program Kartu Prakerja kepada lebih dari 1,6 juta penerima manfaat per akhir tahun 2020.

Dalam acara yang digelar secara virtual oleh Branch pada 29 Januari 2021, OVO bersaing dengan lebih dari 300 perusahaan global ternama, antara lain Goldman Sachs, Fave, NHL, ExxonMobil, dan L’Oreal France.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada OVO di ajang bergengsi ini,” ujar Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit, dalam pernyataannya, Senin (1/2).

Menurut dia, terpilihnya OVO sebagai finalis pada kategori Transformasi Digital di ajang tersebut merupakan pencapaian bersama yang dimungkinkan oleh dukungan masyarakat sekaligus pengakuan bahwa ​start-up Indonesia mampu bersaing di ranah internasional, terlebih di tengah masa sulit pandemi Covid-19.

“Prestasi ini merupakan salah satu bentuk terus meningkatnya kepercayaan masyarakat serta mitra terhadap inovasi dan layanan OVO. Tidak hanya itu, prestasi ini menunjukkan kesiapan OVO membawa nama Indonesia ke ranah internasional,” imbuhnya.

Branch Mobile Growth Award 2020 merupakan sebuah ajang penghargaan yang mengakui sekaligus mengapresiasi kepemimpinan ratusan perusahaan dunia terkemuka dalam berinovasi dan mendorong pertumbuhan teknologi ​mobile.

Salah satu penilaian yang membuat OVO masuk nominasi adalah upaya OVO dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk Program Kartu Prakerja sebagai mitra resmi uang elektronik.

OVO dinilai berhasil dalam andil membangun platform digital penyaluran bantuan secara online dari awal hingga akhir, mulai dari pendaftaran, pelatihan hingga penyaluran dana insentif kepada jutaan peserta.

Indikasi Keberhasilan

Sejak awal pandemi Covid-19, OVO bersama dengan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja dan teknologi keuangan (tekfin) digital lain membangun platform Kartu Prakerja.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, program pemerintah yang menyalurkan Rp 20 triliun dana pembayar pajak tersebut berhasil berlangsung secara tepat sasaran dan efisien, disertai dengan berbagai upaya sosialisasi yang berskala besar.

Sementara itu, dalam Program Kartu Prakerja, lebih dari 33% dari 5,6 juta penerima manfaat telah memilih OVO sebagai platform untuk menerima insentif. OVO pun  menjadi pilihan pertama bagi para peserta Program Kartu Prakerja.

Sementara itu, data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, bulan November tahun 2020, menyatakan bahwa dari 12% penerima manfaat program Kartu Prakerja belum memiliki rekening bank maupun e-wallet sebelum program.

Setelah bergabung dengan program tersebut, mayoritas penerima manfaat lebih memilih membuka rekening e-wallet (76%) dibandingkan untuk membuka rekening di bank (24%).

Artinya, OVO, sebagai mitra pembayaran program Kartu Prakerja, telah membantu dalam mengakselerasi inklusi keuangan dan juga adopsi digital masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

OVO pun menerima permintaan verifikasi KTP tertinggi, sebanyak 2,6 juta permintaan pada September 2020. Perlu diketahui, verifikasi KTP secara online menjadi syarat utama penerima insentif Prakerja.

“Prakerja terbukti mampu mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat adopsi layanan dompet digital,” tutur dia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN