Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi domain .id (Sumber: Pandi/IST)

Ilustrasi domain .id (Sumber: Pandi/IST)

Pandi Luncurkan Marketplace Domain.id

Rabu, 26 Agustus 2020 | 08:10 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) mengumumkan kehadiran domain.id yang fokus pada kegiatan jual-beli dan lelang domain. Marketplace ini menawarkan harga kompetitif dan bersaing daripada marketplace lain, serta memberikan kemudahan dalam transaksi jual-beli domain.

Chief Registry Operator Pandi Mohamad Shidiq Purnama menjelaskan, marketplace domain.id tidak hanya akan menyasar pasar domestik, melainkan juga pasar internasional.

“Pemakaian domain merupakan unsur terpenting dalam sebuah website. Domain erat kaitannya dengan website. Kunci dari keberhasilan sebuah website ada pada pemilihan (wording) dalam domain itu sendiri, sehingga lebih mudah diucapkan dan diingat oleh orang,” ujar Shidiq, melalui konferensi  virtual, Selasa (25/8).

Menurut dia, kegiatan domain.id adalah seputar kegiatan jual-beli dan perantara dalam industri domain. Kehadirannya diharapkan bisa menjadi sebuah wadah pertemuan antara penjual, pembeli, dan perantara dalam pemasaran domain, sehingga ekosistem digital bisa berjalan dengan baik.

“Kami juga hanya fokus pada penjualan domain premium karena secara branding akan sangat bisa meningkatkan exsposure dari brand pemakai,” tambahnya.

Pada fase pertama, domain.id akan fokus pada pasar dalam negeri serta ekspansi ke beberapa negara di wilayah Asia, Eropa, dan Amerika. Ke depan, domain.id bisa terus merambah ke berbagai belahan dunia, sehingga bisa bersaing dengan marketplace serupa besutan negara lain.

“Keunggulan domain.id dibanding marketplace lain ada pada domain yang dijualnya. Domain.id hanya menjual nama-nama domain premium dengan nama yang cantik,” ungkap Shidiq.

Shidiq berharap, domain.id juga bisa menjadi pilihan utama dalam pembelian domain dan  menyaingi marketplace berbasis industri domain yang sudah ada saat ini.

Pencapaian dan Target

Sementara itu, Ketua Pandi Yudo Giri Suchayo, melalui konferensi  virtual yang sama, juga juga mengumumkan Pandi telah mencetak tonggak sejarah baru dengan penerapan Sistem Registri Mandiri (SRM) dan manergetkan untuk mencapai target 472.569 nama domain pada 2020.

Melalui Pandi Meeting 11, Pandi memperlihatkan kinerja positif dan optimistis bisa mencapai target tahun 2020. “Tercatat, per 11 Agustus, Pandi telah mencapai 89% dari target 2020 sebanyak 472.569 nama domain,” ungkap Yudo.

Pada 2020 ini, Pandi juga telah mencetak tonggak sejarah baru karena berhasil mengembangkan SRM tepercaya dan tidak tergantung pada pihak lain dalam pengelolaan sistem registri. SRM akan membantu Pandi untuk mereduksi pengeluaran hingga 10%.

“Saya dan segenap keluarga Pandi berterima kasih untuk seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder serta mitra Pandi yang telah berusaha keras untuk percepatan digitalisasi agar seluruh lapisan masyarakat merasakan manfaatnya,” jelas Yudo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN