Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pemerintah Berhasil Percepat Transformasi Digital

Muhammad Ade Irfan, Rabu, 11 September 2019 | 07:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) memaparkan keberhasilan Indonesia dalam mempercepat proses transformasi digital selama lima tahun terakhir. Hal tersebut disampaikan dalam ajang International Telecommunication Union (ITU) Telecom World Budapest 2019 yang digelar di Budapest, Hungaria.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkominfo Niken Widiastuti menyampaikan, pembangunan lima tahun terakhir di Indonesia difokuskan pada penyediaan infrastruktur untuk memeratakan konektivitas dan meningkatkan pertumbuhan. Pada tahun ini, Kemenkominfo pun telah berhasil menyelesaikan koneksi backbone serat optik di semua kota di Indonesia, atau lazim disebut proyek Palapa Ring.

“Tak hanya menyediakan infrastruktur, kami juga mendukung pengembangan masyarakat dengan meningkatkan sumber daya manusia agar semakin berkualitas melalui e-literacy, dan pada saat yang sama, menyediakan platform, aplikasi, dan konten yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar Niken, dalam keterangannya, Selasa (10/9).

Pada kesempatan tersebut, Niken berbicara tentang dua poin utama dalam pembangunan telekomunikasi dan digital di Tanah Air. Pertama, kemajuan Indonesia dalam meluncurkan jaringan backbone kapasitas tinggi nasional, atau Palapa Ring.

Kedua, adanya skema kerja sama pemerintah dan badan usaha/pembiayaan kemitraan publik-swasta (KPBU/PPP) agar adopsi model bisnis yang disruptif, redistribusi pendapatan, shared economy, dan digitalisasi tenaga kerja mudah tercapai.

“Saat ini, pemerintah Indonesia telah memposisikan dirinya tidak hanya sebagai penyedia layanan publik, tetapi juga sebagai fasilitator dan kolaborator untuk bersama memecahkan masalah masyarakat,” tambahnya.

Dia pun menjabarkan lebih lanjut terkait kedua poin tersebut. Terkait pengembangan telekomunikasi, Kemenkominfo mendasarkan pada sudut pandang tersedianya ekosistem perangkat, jaringan, dan aplikasi (device, network, dan application/DNA). Sedangkan terkait pengembangan jaringan backbone, proyek Palapa Ring telah 100% selesai dibangun pada 2019.

“Palapa Ring akan memberikan akses broadband berkecepatan tinggi dari ujung barat Indonesia terjauh ke wilayah paling terpencil di Indonesia timur, menyediakan konektivitas, dan penetrasi internet ke semua, 514 kota, di semua pulau besar di Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” jelas Niken.

Sementara itu, terkait proyek broadband yang dibangun oleh pemerintah melalui skema KPBU memiliki kecepatan tinggi telah menjangkau lebih dari 12.000 km kabel serat optik bawah laut dan terestrial, 49 Microwave Hops, dan mencakup daerah pegunungan dengan sumber daya listrik yang terbatas.

Dalam menyediakan teknologi terestrial dan stasiun penerima sinyal dari satelit (very small aperture terminal/VSAT) di wilayah yang terpencil untuk mengintegrasikan jaringan Indonesia, sejumlah dana yang berasal dari KPBU/PPP dialokasikan untuk mencukupi semua kebutuhan masyarakat dengan cara yang paling efisien dan efektif, termasuk dalam penyebaran infrastruktur telekomunikasi.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN