Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Simbol Tri (3) Indonesia. (IST)

Simbol Tri (3) Indonesia. (IST)

Penggunaan Mobile Games Pelanggan Tri Indonesia Meningkat 80%

Selasa, 5 Januari 2021 | 19:31 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tri (3) Indonesia mencatat adanya peningkatan penggunaan internet secara keseluruhan sekitar 15% dan penggunaan aplikasi mobile games Garena Free Fire sebesar 80% selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pelanggan Tri yang menghabiskan liburan akhir tahun lalu di rumah saja sesuai imbauan pemerintah. Mereka pun banyak beraktivitas di ranah digital.

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung mengatakan, dengan adanya pembatasan sosial selama perayaan Nataru lalu, para pelanggan Tri menjadi lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses hiburan online, seperti mobile games.

Para pelanggan pun mempercayakan jaringan Tri Indonesia untuk mengakses mobile games secara mudah dan cepat. “Kami juga bersyukur bahwa salah satu lembaga analitik seluler independen memberikan penilaian bahwa jaringan kami merupakan jaringan terbaik untuk bermain mobile games,” ujar Desmond, dalam pernyatannya, Selasa (5/1).  

Selain Garena Free Fire, Tri Indonesia mencatat empat aplikasi lain yang mengalami lonjakan penggunaan saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dibandingkan dengan hari biasa.

Penggunaan Whatsapp meningkat 20%, serta Tiktok, Instagram, dan Facebook naik 13%. Pada jam-jam sibuk malam tahun baru, antara pukul 20.00 WIB pada 31 Desember 2020 hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2021, banyak pengguna Tri melakukan panggilan video melalui WhatsApp, bermain mobile games, serta mengakses media sosial.

Langkah Antisipasi

Sebelum terjadi peningkatan penggunaan data, Tri Indonesia pun telah melakukan optimasi jaringan di ratusan points of interest (POI) di kawasan permukiman dan titik keramaian.

Selain itu, Tri menyediakan sejumlah cell of wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, antara lain di Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626).

Antisipasi tersebut dilakukan untuk mendukung kebutuhan para pengguna terhadap kualitas internet selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“2020 adalah tahun yang sangat menantang untuk kita semua, tapi kita tidak boleh menyerah,” tutur Desmond.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN