Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekjen Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti. (IST)

Sekjen Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti. (IST)

Perempuan Didukung Lebih Berperan di Sektor TIK

Selasa, 15 September 2020 | 20:34 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung kaum perempuan lebih berperan di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Karena itu, upaya peningkatan keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) bagi para siswi melalui program Girls4tech pun didukungnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, pemerintah memiliki komitmen untuk meningkatkan kesadaran TIK bagi kaum perempuan. Karena itu, Kemenkominfo mendorong berbagai pihak terkait (stakeholder) untuk bersama-sama mengembangkan program Girls4tech.

“Mari kita bergandengan tangan, mulai dari pemerintah, swasta, akademisi, dan berbagai pihak untuk meningkatkan peran perempuan di bidang TIK,” ujar Niken, melalui konferensi virtual di Jakarta, Selasa (15/9).

Menurut Niken, program Girls4tech merupakan inisiatif dari Mastercard dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation sejak Agustus 2020. Program ini juga bertujuan untuk mempercepat proses transformasi digital dalam waktu lima tahun ke depan.

Program pun memiliki inovasi pembelajaran pelatihan gamifikasi daring (online). “Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, pada 14 Agustus, dalam pidato kenegaraan, beliau menekankan Indonesia harus meningkat dalam transfromasi digital nasional dan ini merupakan program prioritas pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Division President Southeast Asia Emerging Market Mastercard Safdar Khan mengungkapkan, Girls4tech merupakan komitmen bersama untuk mendukung STEM dan pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama mendukung anak-anak usia sekolah.

“Kami mempunyai komitmen untuk mendukung anak-anak usia sekolah di Indonesia, terutama para siswi,” ungkap Safdar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh CEO dan Founder YCAB Foundation Veronica Colondam. Menurut Veronica, Girls4tech membuka lebar akses teknologi bagi para kaum perempuan.

Girls4tech membuka akses dan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi teknologi melalui program STEM,” tuturnya.

Melalui program Girls4tech, para siswi dapat bertemu dengan teman-temannya yang cerdas dan kreatif agar bisa bersama menyelesaikan berbagai persoalan dengan menggunakan teknologi.

Girls4tech memiliki target 60.000 siswi di sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan pertama (SMP). Program ini akan berjalan selama tiga tahun di Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN