Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi belanja online. (Dok moneycrashers.com)

Ilustrasi belanja online. (Dok moneycrashers.com)

Pesta Diskon Online Rawan Kejahatan Siber

Emanuel Kure, Senin, 11 November 2019 | 20:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Peneliti Kaspersky melaporkan peningkatan tajam dalam aktivitas kejahatan penipuan di ruang lingkup perdagangan secara elektronik (e-commerce) selama periode penjualan promosi, atau pesta diskon aktif di negara-negara Asia, Single’s Day, atau dikenal sebagai promo 11 November.

Kaspersky mendeteksi lonjakan pada serangan upaya pembobolan data keuangan (phising financial) sebelum penjualan 11 November pada 2018. Disebutkan, jumlah rata-rata serangan phising financial mengalami fluktuasi sekitar 350.000 per hari di bulan Oktober. Kemudian, beberapa hari sebelum 11 November 2018, lonjakan serangan mencapai lebih dari 950.000.

Para peneliti juga mendapati indikasi serangan surat elektronik tak dikenal (spam) dan phising serupa pada momen promo 11 November saat ini. Karena itu, Kaspersky pun mendesak semua orang untuk berhati-hati dengan aktivitas pembeliannya pada hari banyak diskon tersebut.

“Sementara itu, 11 November menjadi waktu terbaik untuk berbelanja, karena diskon dan promosi diiklankan dengan baik kepada para pengguna. Namun, ini juga sekaligus menjadi momentum terbaik bagi para phisher dan spammer,” kata Andrey Kostin, peneliti keamanan di Kaspersky, dalam keterangannya.

Meskipun hari diskon besar-besaran itu berasal dari Tiongkok, namun kini telah banyak diadopsi para pengguna pasar elektronik di seluruh belahan dunia. Promo di platform global Asia ini telah disambut baik secara internasional dan scammers kini menargetkan para penggunanya dalam berbagai bahasa.

Kaspersky juga menemukan beberapa ancaman di aplikasi seluler yang disamarkan sebagai platform e-commerce populer. Beberapa toko yang memiliki penawaran khusus untuk 11 November secara umum memang cukup tinggi. Pada 2019, sebanyak 83% dari toko online di Asia berpartisipasi, dan, tahun 2018, jumlahnya lebih tinggi lagi mencapai 93%.

“Penipu pastinya akan menjadi lebih aktif selama periode ini. Namun, hal-hal seperti itu seharusnya tidak menjadi halangan bagi mereka yang ingin berburu penawaran terbaik. Konsumen tidak perlu khawatir asalkan mengikuti aturan dasar dalam kebersihan keamanan siber dengan tepat,” ujar Kostin.

Tips Bertransaksi

Kaspersky pun memberikan empat tips agar konsumen pasar online tidak diganggu oleh spam dan phising. Pertama, jika Anda menerima tautan tentang penawaran menggiurkan melalui e-mail, pastikan untuk memeriksa hyperlink yang tertanam, bisa jadi berbeda dari apa yang terlihat. Jika ya, akses halaman kesepakatan (deal page) langsung melalui situs web yang sah.

Kedua, hanya melakukan pembelian melalui pasar resmi dan perhatikan alamat web jika Anda diarahkan melalui landing page lain. Jika berbeda dari toko resmi, pertimbangkan untuk memeriksa penawaran yang ditemui dengan mencarinya di halaman web resmi.

Ketiga, gunakan solusi keamanan dengan teknologi anti-phising berbasis perilaku. Keempat, jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs web, atau layanan. Karena, jika ada yang dicuri, semua akun Anda akan menjadi rentan. Buatlah kata sandi antiretas yang kuat tanpa harus menghadapi kesulitan mengingatnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA