Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Founder dan CEO Qlue Rama Raditya (Foto: Qlue)

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya (Foto: Qlue)

Qlue Raih Start-up of The Year 2019

Emanuel Kure, Rabu, 31 Juli 2019 | 20:32 WIB

JAKARTA, investor.id - Qlue, aplikasi pelaporan warga dengan konsep smart city (kota cerdas), baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Start-up of the Year 2019 dari majalah start-up dan entrepreneur Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong, yakni Jumpstart Magazine.

Qlue dinilai telah berhasil mendorong perubahan di Indonesia menjadi lebih baik dengan konsep kota pintar (smart city). Pemerintah telah dibantunya dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial dengan melibatkan partisipasi aktif dari warganya, termasuk di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Qlue untuk mendapatkan penghargaan Start-up of the Year 2019 dari Jumpstart Magazine,” ungkap Founder & CEO Qlue Rama Raditya, dalam keterangannya, Rabu (31/8).

Dia menjelaskan, Qlue lahir dari sebuah ide, bagaimana membuat perubahan positif untuk kondisi DKI Jakarta yang saat itu memiliki berbagai masalah lingkungan. Pada akhirnya, saat ini, Qlue telah berkembang menjadi sebuah perusahaan yang menawarkan ekosistem smart city di Indonesia, tak hanya berperan di DKI Jakarta, tapi juga di berbagai daerah di Tanah Air.

“Penghargaan ini memotivasi Qlue untuk mewujudkan Indonesia smart nation dan juga membuktikan bahwa start-up Indonesia mampu tampil dan bersaing di tingkat global,” ujarnya.

Sementara itu, Editor in Chief Jumpstart Magazine Min Chen menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, tim Jumpstart Magazine telah berdialog dengan begitu banyak individu dan start-up yang menginspirasi dan mendukung sektor inovasi, termasuk Qlue.

Jumpstart Award merupakan sebuah ajang penghargaan untuk orang, atau start-up dengan kriteria tersebut yang berada di kawasan Asia Pasifik, sekaligus berbagi kisah yang belum diceritakan. Tim Jumpstart melakukan riset dan bertanya kepada jaringan start-up dan para pembangun ekosistem yang paling mengenal negara mereka masing-masing.

Menurut Min Chen, Jumpstart meminta mereka untuk menominasikan individu-individu, atau start-up untuk 10 kategori yang ada, dan Qlue masuk dalam radar penilaian. Keputusan final lalu didapatkan dari hasil voting.

“Qlue merupakan contoh start-up yang kami cari untuk kategori Start-up of the Year. Founder dan co-founder Qlue memiliki visi yang ambisius untuk mengubah Indonesia seraya berfokus menemukan solusi bagi masyarakat,” pungkas Min Chen.

Laporan DKI

Sementara itu, Rama juga menyampaikan, tiga jenis pelaporan yang paling dominan dilakukan oleh warga DKI Jakarta kepada Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta pada semester I-2019. Tiga laporan yang paling dominan terdiri atas sampah, iklan liar, dan parkir liar, dengan akumulasi mencapai 54% dari total laporan.

Tak hanya itu, pada periode yang sama, laporan warga juga meningkat 17,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan tingkat penyelesaian laporan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai 91%.

Tingkat kepercayaan warga DKI Jakarta terhadap Qlue juga terlihat dengan terus meningkatnya pengguna yang naik 11% pada semester I-2019 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Sejak awal mendirikan Qlue, kami berusaha memberikan solusi untuk memudahkan proses pelaporan warga kepada pemerintah melalui teknologi, sehingga warga dapat berpartipasi aktif dalam pembangunan,” kata Rama.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN