Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pendiri Bukalapak Achmad Zaky (kedua dari kiri) bersama dengan Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid (kiri), CEO Bukalapak Terpilih Rachmat Kaimuddin (kedua dari kanan), Chief of Talent Bukalapak Bagus Harimawan (kanan) hadir dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media, Jakarta, Senin 9 Desember 2019. Bukalapak memilih CEO yang efektif mulai bekerja pada 6 Januari 2020 yakni Rachmat Kaimuddin dan memberikan keterangan tentang kinerja Bukalapak.

Pendiri Bukalapak Achmad Zaky (kedua dari kiri) bersama dengan Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid (kiri), CEO Bukalapak Terpilih Rachmat Kaimuddin (kedua dari kanan), Chief of Talent Bukalapak Bagus Harimawan (kanan) hadir dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media, Jakarta, Senin 9 Desember 2019. Bukalapak memilih CEO yang efektif mulai bekerja pada 6 Januari 2020 yakni Rachmat Kaimuddin dan memberikan keterangan tentang kinerja Bukalapak.

Rachmat Pimpin Bukalapak Gantikan Achmad Zaky

Emanuel Kure, Senin, 9 Desember 2019 | 21:45 WIB

JAKARTA, investor.id - Bukapalak mengumumkan suksesi Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak dari Achmad Zaky, salah satu dari tiga pendiri Bukalapak, ke Muhammad Rachmat Kaimuddin (Rachmat). Selanjutnya, Zaky akan berperan sebagai Penasihat dan Pendiri Bukalapak, Tech Startup Mentor, serta Ketua Yayasan Achmad Zaky yang segera didirikan.

Para Pendiri Bukalapak mengumumkan perubahan komposisi di level C-Suite tersebut akan terhitung efektif mulai 6 Januari 2020. Hal ini sebagai kelanjutan dari rencana jangka panjang perusahaan memasuki dekade kedua dan dalam rangka membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan (sustainable).

Implementasi dari rencana jangka panjang itu telah dimulai sejak Oktober 2016 dengan penunjukan Willix Halim sebagai Chief Operating Officer (COO) Bukalapak untuk memperkokoh tim manajemen dengan individu-individu yang memiliki keahlian khusus dan berpengalaman.

Dengan perubahan tersebut, komposisi C-Suite baru Bukalapak terdiri atas Rachmat sebagai CEO, Fajrin Rasyid sebagai presiden dan co-founder, Nugroho Herucahyono sebagai chief technical officer (CTO) dan co-founder, Willix Halim sebagai COO, Natalia Firmansyah sebagai chief financial officer, Teddy Oetomo sebagai chief strategy officer, dan Bagus Harimawan yang baru bergabung pada Juli 2019 sebagai chief of talent.

Achmad Zaky mengatakan, pihaknya memulai Bukalapak dengan semangat pribadi untuk menciptakan dampak positif bagi UMKM. Saya bangga dalam waktu 10 tahun, Bukalapak dikenal di peta dunia sebagai e-commerce Indonesia yang terkemuka.

“Sekarang, kami mengajak Rachmat bergabung dengan Bukalapak karena kepemimpinannya bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih hebat lagi. Saya percaya, Rachmat adalah orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat,” ujar Zaky dalam pertemuan dengan pimpinan media di Jakarta, Senin (9/12).

Rachmat merupakan nama yang tidak asing lagi di tingkat tertinggi manajemen perusahaan di Indonesia. Dia memiliki latar belakang pendidikan engineering dan pengalaman manajemen finansial yang mumpuni.

Dia mendapatkan gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Boston. Sementara itu, gelar Master of Business Administration diterimanya dari Stanford University, California, Amerika Serikat.

Sebelum bergabung dengan Bukalapak, Rachmat menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk mulai tahun 2018. Sejak 2014, dia sempat menjabat sebagai anggota dewan komisaris untuk bank yang sama hingga ditunjuk sebagai direktur.

Rachmat memulai kariernya sebagai Senior Associate di Boston Consulting Group. Dia juga pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, serta Vice President Baring Private Equity Asia dan Principal of Quvat.

Rachmat pun menyambut jabatan barunya di Bukalapak dengan kerendahan hati. Dia merasa terharu dan bangga mendapat kepercayaan dari para pendiri Bukalapak untuk melanjutkan peran Zaky dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan Bukalapak ke tahap selanjutnya.

“Saya percaya Bukalapak adalah tempat di mana saya bisa bekerja bersama kawan-kawan saya untuk membuat perubahan positif yang berguna bagi bangsa dan negara ini. Saya harap dapat membantu Bukalapak memberikan dampak lebih luas untuk Indonesia,” kata Rachmat.

Fajrin Rasyid menuturkan, visi dan kepemimpinan Zaky yang luar biasa telah membawa Bukalapak kemajuan sejauh ini. Untuk dapat terus memberikan dampak positif dan kontribusi pada bangsa, Bukalapak terus berinovasi dan dibutuhkan pengalaman tingkat tinggi dan keahlian khusus.

“Saya memiliki kepercayaan tinggi bahwa senior saya, Rachmat, dapat melanjutkan nilai dan kejayaan Bukalapak dengan manajemen talenta dan aset yang lebih baik lagi demi membawa perusahaan masuk ke era yang baru,” tambahnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA