Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001 (Foto: Dok.PR)

Alodokter Raih Sertifikasi ISO 27001 (Foto: Dok.PR)

Raih Sertifikasi ISO 27001, Alodokter Pastikan Penuhi Standar Keamanan Data

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:27 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Alodokter, salah satu platform kesehatan digital (Healtech) di Indonesia, resmi memperoleh sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi ini sekalgus memastikan, Alodokter serius dalam mengedepankan implementasi konsep keamanan informasi serta data pada platform ekosistem pelayanan kesehatan digital miliknya.

ISO 27001 merupakan penilaian standar internasional terhadap sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data. Sertifikat ini diterbitkan oleh lembaga International Organization for Standardization (ISO) bekerja sama dengan International Electrotechnical Commision (IEC).

President Director & Co Founder Alodokter Suci Arumsari mengatakan, dengan predikat certified ISO 27001 Alodokter membuktikan komitmen untuk terus menjaga keamanan dari produk dan layanan Alodokter.

Langkah ini, kata dia, juga guna mendukung usaha pemerintah dalam memastikan privasi masyarakat tetap terjamin, terlebih untuk data sensitif seperti rekam jejak medis.

"Alodokter konsisten memenuhi standarisasi pemerintah dan internasional dalam proses bisnis. Seluruh framework Alodokter dibangun oleh tim internal, karena itulah Alodokter disebut digital native, dengan demikian kami dapat memastikan bahwa teknologi dan inovasi digital dibangun dengan memprioritaskan keamanan data,” kata Suci melalui siaran pers, Rabu (26/1).

Menurut Suci, melindungi data konsumen merupakan hal yang prioritas dalam menjalan bisnis di era digital ini. Konsumen sudah semakin pintar dan awas dalam memperhatikan bagaimana perusahaan menggunakan data mereka terutama yang diberikan melalui smartphone.

Di sisi lain, pemerintah juga melihat pentingnya penerapan regulasi keamanan data konsumen terutama perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan digital.

"Alodokter sebagai platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, berkomitmen penuh untuk memastikan sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data konsumen dijalankan dengan standar tinggi dari pemerintah, seperti sertifikasi ISO 27001,” tegas Suci.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji mengapresiasi keseriusan Alodokter dalam menerapkan standar kemanan data.

“Selamat atas sertifikasi ISO 27001 yang telah diraih Alodokter. Tentunya diraih dengan tidak mudah, karena butuh komitmen, awareness, dan pelaksanaan yang sungguh-sungguh terhadap pentingnya menjaga keamanan data pribadi pelanggannya. Saya berharap platform telemedicine lain juga melakukan hal yang sama sebagai bagian menyediakan best services kepada customer,” ungkap Setiaji.

Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika I Nyoman Adhiarna juga menyambut baik dan mengucapkan selamat atas diperolehnya sertifikasi ISO 27001 oleh Alodokter.

“Semoga dengan diperolehnya sertifikasi ini akan meningkatkan Alodokter dan para pelaku startup digital lain dalam implementasi sistem manajemen pengamanan informasi yang sesuai standar,” tutur Nyoman.

Adapun Alodokter terus berkembang menjadi sebuah ekosistem digital layanan kesehatan untuk pasien maupun dokter. Pasien bisa mendapatkan pengalaman pelayanan kesehatan lengkap, telekonsultasi & diagnosa jarak jauh, janji temu medis, serta tebus resep pada aplikasi Alodokter.

Sementara dari sisi dokter sendiri tersedia platform webinar, forum diskusi, serta SKP. Semua layanan dan informasi digital pada platform Alodokter melibatkan data yang tidak sedikit maka sistem keamanan harus menjadi prioritas tertinggi.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN