Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Instagram

Instagram

Restrict, Fitur Anti-Perundungan di Instagram

Abdul Muslim, Kamis, 3 Oktober 2019 | 20:19 WIB

JAKARTA, investor.id - Instagram, jejaring sosial untuk berbagi foto dan video pendek, meluncurkan fitur baru yang diberi nama Restrict (Batasi) pada Kamis (3/10). Fungsinya untuk melindungi masyarakat Indonesia dari komentar dan pesan bersifat negatif, atau perundungan (bullying) di Instagram. 

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya Instagram untuk melanjutkan komitmennya dalam membangun pengalaman bermedia sosial yang aman dan positif bagi penggunanya di Tanah Air.  

Juru bicara Instagram mengungkapkan, bullying merupakan isu yang kompleks. Instagram pun tahu bahwa anak dan remaja kerap menghadapi isu tersebut di dunia maya. Tapi, mereka kadang merasa sungkan untuk melaporkan, atau memblokir teman yang mengolok-oloknya.

“Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” ungkap juru bicara Instagram, dalam keterangannya. 

Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari orang yang telah dibatasi secara otomatis hanya akan bisa dilihat oleh orang tersebut. Pemilik akun Instagram, pengikutnya, dan orang-orang lainnya tidak bisa melihat komentar tersebut.

Namun, jika pemilik akun merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untuk melihat isi komentar tersebut dengan mengetuk pilihan Lihat Komentar. Kemudian, pemilik akun akan memiliki kontrol untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.  

Tak hanya untuk komentar, fitur Batasi juga bisa diaplikasikan di Pesan Langsung (Direct Message/DM). Saat pemilik akun membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan secara otomatis berpindah ke Message Request.

Begitu juga, saat pemilik akun membaca pesan dari mereka, tidak akan ada tulisan Seen seperti pada biasanya. Orang yang telah dibatasi juga tidak bisa melihat kapan pemilik akun aktif di Instagram (Active now) dan pemilik akun tidak akan menerima notifikasi untuk interaksi dari akun-akun yang telah dibatasi. 

Baru-baru ini, Instagram juga telah menambahkan stiker baru di Instagram Stories yang diberi judul Create Don’t Hate. Stiker sebagai ajakan untuk bersama-sama membangun dan menjaga ekosistem Instagram yang senantiasa positif dan bebas dari bullying

Pemilik akun  di Instagram dapat mengaktifkan fitur Batasi dengan menggeser kiri pada komentar negatif yang ditinggalkan orang tersebut, atau dengan memilih opsi Restrict/Batasi langsung di profil akun. Untuk mengubahnya, pemilik akun tinggal memilih Unrestrict/Batal Batasi.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA