Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pedagang melayani pembeli set top box (STB) TV digital di toko pusat elektronik, Jakarta. (B Universe Photo/Joanito De Saojoao)

Pedagang melayani pembeli set top box (STB) TV digital di toko pusat elektronik, Jakarta. (B Universe Photo/Joanito De Saojoao)

Segini Harga Set Top Box (STB) di Pasaran, kalau sama Ongkos Pasang?

Minggu, 6 Nov 2022 | 08:54 WIB
Sella Rizky (redaksi@investor.id) ,Rachman Pratama (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Sejak 2 November 2022, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menghentikan siaran televisi (TV) analog dan secara bertahap beralih ke siaran TV digital.

Tanpa perlu membeli televisi baru, masyarakat sejatinya bisa menikmati siaran TV digital dengan cara memasang perangkat set top box (STB).

Kondisi ini membuat masyarakat berburu perangkat set top box agar tetap bisa menikmati siaran TV digital. Salah satunya, terpantau di kawasan pusat elektronik Glodok, Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Baca juga: Punya Set Top Box (STB)? Begini Cara Mencari Siaran TV Digital

Advertisement

Seorang pedagang elektronik di Glodok, Arthur mengatakan bahwa dirinya bisa menjual set top box di toko miliknya hingga kurang lebih 100 unit hingga 150 unit per hari.

"Sejak bulan-bulan kemarin ya sampai sekarang juga masih ramai permintaan masyarakat yang mencari set top box," kata Arthur, Sabtu (5/11/2022).

Menurut Arthur, peminat set top box dengan harga yang terjangkau cukup tinggi. "Kalau untuk hari ini (Sabtu) kita jual sudah 100 sampai 150 unit, kalau ditotalkan sudah sampai 1.000 unit. Untuk omzet sendiri naik ya, yang tadinya 20% sekarang 70% sampai 80%," ungkapnya.

Baca juga: Setelah Jabodetabek, Siaran TV Analog di Wilayah Ini Juga Segera Dihentikan

Walaupun perangkat set top box sendiri memiliki harga jual hingga ratusan ribu, namun tetap banyak warga yang mencari STB ini. "Memang sudah banyak pembeli yang datang dan bilang siaran televsinya mati. Jadi, mau enggak mau mereka harus mencari STB," tutur Arthur.

Bagi masyarakat yang ingin membeli set top box, pastikan perangkat STB tersebut sudah tersertifikasi oleh Kemenkominfo. Adapun harga set top box yang beredar di pasaran dibanderol dengan rentang harga Rp 200.000 hingga Rp 350.000 per unit.

Sebagai informasi, set top box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di perangkat TV analog biasa.

Baca juga: Kemenkominfo Siapkan 6,7 Juta STB untuk Rakyat Miskin

Perangkat ini sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2). STB juga tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi biasa (UHF).

Sementara itu, tak hanya pedagang, penyedia jasa pemasangan set top box atau STB ini juga ketiban rezeki.

Salah satu penyedia jasa pemasangan STB di Kudus (Jawa Tengah) Yuda Aditama menuturkan bahwa banyak warga yang meminta untuk dibelikan STB sekaligus pemasangannya. Permintaan tersebut bahkan sudah ada sejak awal tahun 2022. Hingga kini sudah ada puluhan warga yang menggunakan jasanya.

Baca juga: Menkominfo Ingatkan Lembaga Penyiaran Sediakan STB

“Awalnya saya buka jasa CCTV, namun karena ada tetangga yang minta dibelikan sekaligus pemasangan set top box, saya ambil peluangnya. Apalagi, sekarang zamannya juga sudah TV digital. Mau enggak mau harus diikuti oleh masyarakat," kata Yuda Aditama di Kudus, Sabtu (5/11/2022).

Yuda mengaku permintaan jasa pemasangan set top box lumayan banyak. "Banyak warga yang sudah saya pasang dan ini juga banyak yang menghubungi. Saya sudah sejak Januari lalu, karena banyak yang belum paham peralihan ke digital,” jelasnya.

Terkait harga STB, dirinya menyesuaikan kebutuhan pemesan yaitu mulai dari harga Rp 150.000 sampai dengan Rp 250.000 per unit. Sedangkan untuk biaya jasa pemasangan, Yuda tidak mematok harga.

Baca juga: Ini Langkah Cari Siaran TV Digital dengan Set Top Box

"Untuk biaya jasa pemasangannya, terserah dari pelanggan, saya tidak mematok angka tertentu. Hanya saja untuk harga set top box itu bervariasi, tergantung mau beli yang harga berapa. Ada yang harganya hanya Rp 150.000 sampai Rp 250.000,” jelas Yuda.

Dia menambahkan, untuk mendapatkan perangkat STB tersebut, dirinya bekerja sama dengan beberapa toko elektronik yang ada di wilayah Kudus.

"Saat ini, sudah banyak ditemui perangkat set top box dari berbagai merek dan jenis, sehingga masyarakat dapat memilih jenis STB ini dengan menyesuaikan kebutuhan," pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com