Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nexticorn Summit 2019 (Sumber: Kemenkominfo)

Nexticorn Summit 2019 (Sumber: Kemenkominfo)

Start-up dan VC Diajak Ikuti Summit NextICorn 2019

Abdul Muslim, Kamis, 1 Agustus 2019 | 06:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Ketua Umum Yayasan Next Indonesian Unicorns (NextICorn) Daniel Tumiwa kembali mengundang para perusahaan rintisan berbasis teknologi (start-up) potensial Indonesia dan perusahaan modal ventura (ventura capital/VC) untuk mendaftarkan diri dan mengikuti Summit NextICorn 2019. Kegiatan yang diharapkan mengulang sukses event tahun 2018 tersebut akan diselenggarakan pada Oktober-November 2019.

"Pendaftaran untuk startu-p dan VC sudah dibuka sejak awal bulan Juli ini di www.nexticorn.com. Kami mengundang VC dan start-up Indonesia yang sedang mencari pendanaan di atas US$ 1 juta untuk menghadiri summit kami tahun ini di Bali," kata Daniel di Jakarta, Senin (29/7).

Daniel menjelaskan, penyelenggaraan summit tahun ini masih didasari oleh cita-cita besar Yayasan NextIcorn untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat kehadiran lebih banyak unicorn karya anak bangsa. Unicorn merupakan istilah untuk start-up yang memiliki valuasi minimal US$ 1 miliar, atau sekitar Rp 14 triliun.

Selama ini, menurut dia, ada missing middle antara start-up Indonesia yang tengah berkembang dengan investor global yang dapat memberikan suntikan modal besar sekaligus mengarahkan bagaimana sebuah bisnis berbasis teknologi idealnya dijalankan.

“Posisi inilah yang tengah coba kami isi. Harapannya tentu agar start-up baru kita yang potensial tidak peduli melewati jalan berliku yang dahulu harus ditempuh oleh empat unicorn pertama kita," kata tegasnya.

Dengan menjodohkan start-up teknologi Indonesia dengan perusahaan modal ventura terkemuka dunia, Daniel mayakini, jika negara dan masyarakat dapat mengambil manfaat seluas-luasnya.

Sebab, masuknya uang dari investor global kepada start-up di Indonesia tidak hanya memberikan pernasukan bagi negara lewat pajak, namun juga akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Melihat sukses kedua event NextICom di tahun lalu. kami semakin yakin lika event ini harus rutin dilakukan setiap tahunnya," pungkas dia.

NextICorn merupakan inisiatif bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), Asosiasi Modal Ventura untuk Start-up Indonesia (Amvesindo), dan Ernst & Young (EY), untuk mempromosikan start-up paling potensial Indonesia kepada investor dunia lewat program-program kerjanya.

Selain Daniel Tumiwa dalam struktur kepengurusan Yayasan NextlCorn, ada sejumlah nama. Beberapa di antaranya Menkominfo Rudiantara, Kepala BKPM Thomas Lembong, Rambun Tjajo, David Rimbo, Donald Wihardja, Nadiem Makarim, Ahmad Zaky, William Tanuwidjaya, Italo Gani, Edward Chamdani, dan Ridzki Syahputera.

Pada 2018, NextICom sukses menyelenggarakan dua summit yang mempertemukan perwakilan 125 start-up Indonesia dengan 300 calon investor di Bali. Lewat kegiatan ini, tercatat terlaksana lebih dari 600 meeting dan terjadi pula 400 tindak lanjut (follow ups).

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN