Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Finantier Team berfoto bersama, (IST)

Finantier Team berfoto bersama, (IST)

Start-up Finantier Raih Pendanaan Tahap Awal

Rabu, 16 Juni 2021 | 18:53 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Finantier, start-up open finance yang menyediakan platform application programming interface (API) bagi institusi keuangan dalam mengakses dan menganalisa data finansial konsumen, telah meraih pendanaan tahap awal yang dipimpin oleh Global Founders Capital (GFC) dan East Ventures (EV).

Tanpa disebutkan nilainya, pendanaan yang diperoleh sebesar tujuh digit telah melebihi target dan diperoleh pada valuasi post-money sebesar lebih dari 20 kali dibandingkan valuasi pre-seed bulan November 2020.

Pendanaan tersebut akan digunakan perusahaan untuk meningkatkan dan memperbesar penawaran produk Finantier, melakukan ekspansi di Indonesia dan sekitarnya, serta menggandakan jumlah karyawan.

Finantier sebelumnya merupakan bagian dari batch musim dingin 2021 Y Combinator. Sejak awal tahun, perusahaan telah menambah timnya lebih dari lima kali lipat menjadi 50 karyawan, serta memperbanyak klien dan kemitraan hingga lebih dari 50% per bulan.

“Kami yakin, dengan keahlian dan pendekatan transparan tim Finantier, konsep open finance akan dapat diperkenalkan kepada jutaan orang di Asia Tenggara yang tidak memiliki rekening bank dan akses ke layanan keuangan, sehingga mempercepat inklusi keuangan,” kata Founder dan Managing Partner di GFC Oliver Samwer, dalam pernyataannya, Rabu (16/6).

Pendanaan tersebut dipimpin oleh kelompok investor ternama, yakni Future Shape, perusahaan investasi dan penasehat yang didirikan oleh Tony Fadell, co-inventor dari iPhone, Partech Partners, Saison Capital, dan GMO VenturePartners.

Selain itu, untuk memperkuat dewan penasihatnya, Finantier merekrut Francesco Simoneschi, Co- Founder dan CEO Truelayer bergabung dalam jajaran kelompok penasihatnya.

Beberapa investor terdahulu, yakni AC Ventures, Y Combinator, Genesia Ventures, Two Culture Capital, dan sejumlah angel investor ternama juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan kali ini.

Principal Future Shape Tony Fadell menuturkan, Finantier memberikan kebebasan keuangan untuk semua orang di kawasan Asia Tenggara. Setiap orang kini pun dapat dengan mudah membagikan data transaksi digitalnya yang dilakukan dengan berbagai merchant dan dapat membantu membangun kelayakan kreditnya.

“Kami punya harapan untuk Finantier sejak awal dan yakin bahwa mereka berperan penting dalam mewujudkan harapan tersebut dengan menghubungkan yang tidak memiliki akses keuangan ke fintech dan institusi keuangan di berbagai negara,” kata Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca.

Model Bisnis

Didirikan pada 2020, Finantier memberikan solusi dengan menggabungkan data dari sumber-sumber data alternatif seperti platform gig economy dan telekomunikasi. Perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 150 perusahaan dan memberikan akses ke beragam set data.

Setelah memperoleh persetujuan dari konsumen, kemudian, kumpulan data dianalisis untuk mendapatkan insight terperinci tentang konsumen agar lembaga keuangan dapat menyediakan layanan keuangan bagi orang-orang yang tidak memiliki rekening bank.

Hal tersebut pun secara signifikan akan mengurangi jumlah masyarakat yang kekurangan akses ke layanan keuangan serta mempercepat inklusi keuangan di Indonesia yang juga merupakan prioritas utama pemerintah.

“Dengan adanya akses ke layanan keuangan, kami dapat membantu mereka dan orang yang mereka cintai untuk memiliki kehidupan yang lebih baik,” pungkas Co-founder dan COO Finantier Edwin Kusuma.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN