Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Telkomsel dan Smesco teken MoU untuk memperkuat kapabilitas digital sektor koperasi dan UKM. (IST)

Telkomsel dan Smesco teken MoU untuk memperkuat kapabilitas digital sektor koperasi dan UKM. (IST)

Telkomsel dan Smesco Percepat Digitalisasi UKM

Minggu, 5 September 2021 | 18:46 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Telkomsel, leading digital telco company Indonesia, dan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPP-KUKM), atau Smesco Indonesia, meneken nota kesepahaman untuk memperkuat kapabilitas digital di sektor koperasi dan UKM yang inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam mendukung digitalisasi koperasi dan UKM yang terus diupayakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

“Berbekal jaringan teknologi terdepan 4G dan 5G, Telkomsel optimistis dapat menghadirkan solusi berbasis teknologi yang dapat mengoptimalkan potensi koperasi dan UKM Tanah Air, sehingga mampu berdaya saing tinggi dan melesat dengan digital,” ujar Hendri, dikutip Minggu (5/9).

Langkah Telkomsel tersebut sejalan dengan semangat TelkomGroup dalam mendukung pemberdayaan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi sebesar 61,07% terhadap PDB nasional dan dengan potensi menyerap 97% dari total tenaga kerja.

TelkomGroup bersama BUMN lain di bawah dirigen Kementerian BUMN telah meluncurkan program Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) guna mendorong akselerasi UMKM go digital dan memberikan akses kepada UMKM untuk mendapatkan pasar transaksi di BUMN.

Selain itu, TelkomGroup memberikan beragam pelatihan dan produk/aplikasi digital untuk kemudahan digitalisasi UMKM. “Diharapkan, digitalisasi ini dapat mendukung peningkatan daya saing UMKM serta mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan memperkuat ekonomi digital Indonesia,” tutur Hendri.

Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata menambahkan, Smesco telah mendapatkan mitra strategis dalam upaya mencapai 158.000 UMKM terintegrasi ke dalam ekosistem ekonomi digital Smesco hingga tahun 2023.

“Telkomsel dan ekosistem digitalnya akan menginisiasi pengembangan, peningkatan, dan pemberdayaan layanan digital UMKM melalui berbagai platform   terkini dan inklusif sesuai kebutuhan pasar, sehingga para UMKM kerkesempatan untuk terintegrasi dalam ekosistem Telkomsel,” ujar Leonard.

Melalui inisiatif strategis tersebut, Telkomsel akan memanfaatkan ekosistem digital 99% Usahaku dalam membantu UKM binaan Smesco untuk memasarkan produk secara global, digitalisasi sistem operasional usaha, peningkatan kapabilitas melalui program inkubasi dan pelatihan, serta menghadirkan solusi permodalan.

Hal itu sejalan dengan komitmen Telkomsel yang terus membuka peluang lebih luas bagi lintas sektor industri, khususnya koperasi dan UKM melalui pemanfaatan teknologi terdepan Telkomsel. Saat ini, lebih dari 300 ribu pelaku UKM di Indonesia telah tergabung dalam pemanfaatan layanan unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Minat UKM

Tingginya minat pelaku UKM memanfaatkan solusi bisnis berbasis digital yang terintegrasi dari Telkomsel didorong semakin tumbuhnya adopsi dan adaptasi para pelaku UKM dalam ekosistem bisnis digital yang terbukti semakin membuka peluang kemajuan, terutama di masa yang penuh tantangan seperti saat ini.

Selain platform 99% Usahaku, inisiatif strategis itu membuka kesempatan bagi UKM binaan SMESCO memperluas pemasaran dengan menjadi mitra Telkomsel MyAds, serta menjadi bagian dari DigiPOS Aja! maupun Telkomsel Orbit yang dapat dimanfaatkan sebagai lini bisnis baru untuk meningkatkan produktivitas.

“Kami optimistis, sejumlah inisiatif strategis yang telah diramu dalam kolaborasi ini akan membuka lebih banyak peluang untuk sektor koperasi dan UKM yang lebih berdaya,” pungkas Hendri.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN