×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Telkomsel siap dukung Menuju Indonesia Digital 2025

Telkomsel siap dukung Menuju Indonesia Digital 2025

Telkomsel Matangkan Kesiapan Teknologi 5G

Emanuel Kure, Jumat, 1 Maret 2019 | 20:18 WIB

JAKARTA – Telkomsel mengumumkan kemitraan strategisnya dengan dua pemain teknologi terkemuka di dunia, Cisco dan Huawei, dalam perhelatan Mobile World Congress 2019 (MWC 2019) di Barcelona, Spanyol. Kerja sama ini merupakan langkah nyata dari usaha Telkomsel dalam pematangan kesiapan pengaplikasian teknologi seluler generasi kelima (5G) di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, sebagai operator seluler terkemuka di Indonesia, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi di Indonesia.

“Dua kerja sama strategis ini merupakan bentuk nyata dalam pematangan kesiapan teknis Telkomsel untuk pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia, demi mendukung Indonesia mencapai visi Indonesia Digital 2025,” ujar Ririek, dalam keterangannya, Jumat (1/3).

Cisco merupakan pemimpin teknologi dunia yang mendorong inisiatif untuk inklusi digital pertama di Indonesia yang akan membantu meningkatkan jaringan selular Telkomsel dengan kesiapan 5G. Kolaborasi ini akan membangun sebuah CDA 5G Test Hub untuk memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia.

Telkomsel pun secara resmi telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MoU) dengan Huawei untuk rangka pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang kuat, melalui Joint Innovation Center 5.0, eksplorasi layanan digital, dan pengembangan bakat.

MWC yang berlangsung di Barcelona merupakan salah satu perhelatan besar tahunan di bidang teknologi dan inovasi. Tahun ini, tema utama MWC adalah 5G: Intelligent Connectivity, sebuah teknologi yang mendukung terwujudnya industri 4.0.

Mematangkan kesiapan menuju Indonesia Digital 2025, Telkomsel pun mengumumkan kerja samanya dengan para mitra terkemuka di bidang teknologi untuk evolusi masa depan, sebagai suvenir dari MWC 2019 untuk kemajuan Indonesia.

Telkomsel menggelar uji coba teknologi 5G di ajang Asian Games 2018 yang belokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 18 Agustus - 2 September. Telkomsel yang berperan sebagai official mobile partner Asian Games 2018 ingin menyuguhkan pengalaman pertama menggunakan teknologi 5G di Indonesia.

Pada momen tersebut, pengunjung pun dapat mengenal dan merasakan langsung implementasi dari teknologi revolusioner melalui berbagai perangkat yang dilengkapi dengan teknologi 5G, antara lain live streaming, Football 2020, future driving, cycling everywhere, dan autonomous bus di booth Telkomsel 5G Experience Center.

Dalam uji coba tersebut, diperlihatkan kecepatan (speed) teknologi 5G yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kecepatan teknologi seluler generasi keempat (4G) yang sekarang lazim dirasakan masyarakat perkotaan di Indonesia. Kecepatan 5G mencapai sekitar 16,60 Gbps dibandingkan dengan 4G yang hanya mencapai 0,30 Gbps. Artinya, kecepatan teknologi 5G mencapai sekitar 16 kali lipat dibandingkan dengan 4G.

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

Terkini

BCA Catat Laba Bersih Tumbuh 10,1% Rp 6,1 Triliun

Kamis, 25 April 2019 | 22:26 WIB

Wika Gedung Kantongi Lima Kontrak

Kamis, 25 April 2019 | 22:17 WIB