Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Marlin R Siahaan, Direktur Utama baru Telkomsel Mitra Inovasi. (IST)

Marlin R Siahaan, Direktur Utama baru Telkomsel Mitra Inovasi. (IST)

Telkomsel Telah Investasi US$ 40 Juta di Start-up Lokal

Kamis, 22 Juli 2021 | 20:44 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura, berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan start-up Tanah Air maupun global. Hingga saat ini, TMI telah investasi sekitar US$ 40 juta di start-up lokal Indonesia.

Sejumlah start-up yang telah menerima investasi pendanaan dari TMI sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

TMI merupakan inisiatif digital Telkomsel yang konsisten dalam pemberdayaan digital-preneurs, terurama start-up yang memiliki potensi untuk berkembang di Indonesia melalui aksi investasi dan kolaborasi dengan mengoptimalkan ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki oleh Telkomsel.

“Sejak dihadirkan pada 2019, TMI telah menjadi mitra yang mendorong start-up dalam mendisrupsi pasar yang besar untuk memungkinkan transformasi industri, peningkatan peluang, dan mempersempit kesenjangan bisnis,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dalam pernyataannya, Kamis (22/7).

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Telkomsel yang selalu berupaya mengoptimalkan potensi di segala aspek kehidupan melalui kemungkinan tanpa batas.

Telkomsel pun telah menempatkan TMI sebagai mitra andal dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku start-up berpotensi di Indonesia, bahkan dunia.

“Komitmen tersebut menjadi salah satu upaya yang terus Telkomsel lakukan guna memperluas portofolio bisnis sekaligus memperkuat ekonomi digital nasional,” imbuhnya.

Sebagai upaya keberlanjutan meneguhkan kiprah tersebut, TMI kini pun hadir dengan semangat baru melalui berbagai perubahan yang dilakukan. Salah satunya dengan menunjuk Marlin R Siahaan sebagai Direktur Utama baru TMI.

Telkomsel pun optimistis, berbekal pengalaman lebih dari 21 tahun di industri media, telekomunikasi dan teknologi digital, Marlin akan semakin mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra start-up yang memberikan dukungan dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan solusi masa depan.

“Mendapatkan kesempatan untuk memimpin TMI merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggan bagi saya. Tentunya, ada banyak hal yang akan dikembangkan TMI ke depan, baik dari segi strategi maupun kolaborasi, sehingga kami bisa lebih luas dalam membuka peluang tanpa batas bagi start-up berkembang,” tutur Marlin.

Lebih dari Investasi

Selama ini, lanjut Marlin, TMI memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup.

TMI pun terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur.

Ada sembilan start-up yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI. Hampir seluruhnya merupakan start-up lokal  karya anak negeri yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya.

Beberapa di antaranya Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Selain memberikan dukungan investasi, pengembangan ekosistem start-up yang dilakukan TMI juga terfokus dalam mendorong lebih banyak synergy value yang bisa dikolaborasikan bersama Telkomsel.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN