Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tim Siaga Bencana Telkomsel perbaiki jaringan di NTT. (IST)

Tim Siaga Bencana Telkomsel perbaiki jaringan di NTT. (IST)

Telkomsel Terus Berupaya Pulihkan Jaringan di NTT

Minggu, 11 April 2021 | 18:48 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Telkomsel terus berupaya maksimal untuk dapat memulihkan jaringan dan layanan telekomunikasi akibat bencana banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Prioritas utama pemulihan jaringan dan layanan difokuskan pada beberapa area vital yang menjadi pusat penanggulangan bencana, yakni kantor pemerintahan, Kepolisian RI (Polri), Posko Pengungsian, rumah sakit, dan Posko Basarnas.

“Tujuannya agar dapat memudahkan proses evakuasi dan mempercepat operasional distribusi bantuan penanggulangan bencana,” ungkap Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali Erwin Kusumawan, seperti dikutip Minggu (11/4).

Dia menjelaskan, sarana komunikasi menjadi sangat penting guna mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana. Hal ini khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, dan pengkinian informasi terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Telkomsel pun terus berupaya untuk mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan mobile backup power (MBP), atau genset ke base transceiver station (BTS) di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik serta menghadirkan paket khusus bebas telepon agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar.

Paket khusus dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, serta bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel bagi pengguna pascabayar, dengan masa aktif selama tujuh hari sejak aktivasi.

Paket tersebut dapat diaktifkan melalui UMB *888*20#, atau dengan mengirimkan SMS dengan mengetik NTT (untuk pengguna prabayar), atau NTTKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999. Periode aktivasi paket ini berlaku pada 7–13 April 2021 dan berlaku maksimal satu kali aktivasi untuk tiap pelanggan.

Paket khusus bebas telepon dan SMS tersebut dapat dinikmati pelanggan Telkomsel di sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Tim TERRA

Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh dan menghadirkan layanan bebas telepon dan SMS untuk pelanggan di wilayah terdampak, Telkomsel mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerja sama dengan BNPB yang diberi nama Tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA).

Tim tersebut dihadirkan dari wilayah terdekat bencana untuk membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko bantuan, antara lain di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang, dan Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.

Selain mendorong proses percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan evakuasi para korban, Telkomsel menyalurkan bantuan sosial kemanusian sebagai bentuk kepedulian kepada para korban seperti bantuan paket sembako makanan siap saji perlengkapan kebutuhan bayi dan perlengkapan protokol kesehatan.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN