Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengguna bertransaks di platform Tokopedia. (IST)

Pengguna bertransaks di platform Tokopedia. (IST)

Tokopedia Makin Jadi Andalan Masyarakat dan UMKM untuk Jual-Beli Daring

Kamis, 6 Januari 2022 | 16:10 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tokopedia, perusahaan marketplace, membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli secara daring sepanjang tahun 2021. Platform teknologi Tokopedia pun dinilai semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga pelaku UMKM menciptakan peluang bisnis.

Tokopedia pun mencatat bahwa Medan (Sumatera Utara), Bandung (Jawa Barat), dan Kota Surabaya (Jawa Timur), menjadi kota dengan penjualan secara daring tertinggi sepanjang tahun 2021.

"Medan, Bandung, dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini karena didorong oleh kehadiran inisiatif hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan lainnya," ujar VP of Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, dalam pernyatannya, Kamis (6/1).

Dia menjelaskan, inisiatif hyperlocal Tokopedia terdiri atas berbagai kegiatan turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah. Hal ini  ditujukan guna mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar aktivitas belanja online lebih efisien dan UMKM punya kesempatan sama untuk bertumbuh.

Sementara itu, Verne Indonesia, pelaku UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, kategori favorit belanja yang disukai oleh masyarakat di plafotm Tokopedia diraih oleh produk untuk kategori rumah tangga, fesyen, serta olahraga dan hobi.

“Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat, atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular, dan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, kategori produk yang paling diburu oleh masyarakat terutama  masker yang diperlukan di tengah pandemi Covid-19, kaos, dan sepatu sneakers. Barang-barang tersebut menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia.

Menurut Nuraini, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal. Contohnya, adanya inisiatif gerakan Bersebelas #MelangkahBareng.

Selanjutnya, untuk makanan terlaris, dia  mengatakan, ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. “Hal ini terlihat dari kopi Gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu," tuturnya.

Kampanye tersebut telah membantu masyarakat di berbagai kota, mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar, dan masih banyak lainnya, untuk mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus ke luar dari rumah.

Di sisi lain, walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan juga masih sangat tinggi. Sepanjang tahun 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp 160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat, dan Qurban di Tokopedia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN