Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi layanan Tokopedia Play. (IST)

Ilustrasi layanan Tokopedia Play. (IST)

Tokopedia Play Dongkrak Transaksi UMKM 8 Kali Lipat

Minggu, 23 Mei 2021 | 20:32 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tren transaksi dan belanja langsung (live shopping) produk usaha mikro, kecil, dan menengahj (UMKM) melalui kanal video streaming Tokopedia Play tercatat melonjak signifikan hingga delapan kali lipat sepanjang Ramadan 2021.

“Terlihat dari kenaikan jumlah penonton kanal video streaming Tokopedia Play hingga enam kali lipat selama Daily Ngabuburit Serba Rp 20 Ribu yang disiarkan sepanjang Ramadan 2021,” ujar  External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dikutip Minggu (23/5).

Secara umum, lanjut dia, ada peningkatan lebih dari tujuh kali lipat pada total views di Tokopedia Play selama bulan Ramadan lalu. “Hal ini pun turut mendorong peningkatan jumlah transaksi penjual di Tokopedia  yang hampir 100% UMKM  hingga lebih dari delapan kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya,” imbuhnya.

Kategori produk kecantikan, makanan dan minuman, handphone dan tablet, serta buku di Tokopedia Play yang paling diminati masyarakat selama mengikuti Daily Ngabuburit Serba Rp 20 Ribu pada Ramadan lalu.

Berbagai kenaikan transaksi tersebut didorong oleh sederet nilai tambah yang telah dihadirkan Tokopedia untuk membuat pengalaman live shopping yang lebih menarik, relevan, dan mudah.

Salah satunya, Tokopedia memberikan kemudahan dalam berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga sangat terjangkau pada kampanye Daily Ngabuburit Serba Rp 20 Ribu, mulai dari fesyen, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, peralatan olahraga, kendaraan motor, hingga emas hanya Rp 20.000.

“Selain itu, para penjual kini sudah bisa menghasilkan karya video secara mandiri dengan memanfaatkan fitur Live dan video on demand di Tokopedia Play,” tutur Ekhel.

Masyarakat juga sudah bisa menikmati pengalaman browsing video yang lebih mulus serta bisa melihat pilihan produk lebih mudah karena langsung ditampilkan pada live room Tokopedia Play.

Adanya fitur Picture in Picture (PIP) di Tokopedia Play juga telah mendorong naiknya jumlah penonton. Lewat fitur ini, masyarakat bisa menonton konten video kreatif di Tokopedia Play sambil berbelanja.

“Tokopedia Play menjadi upaya Tokopedia dalam berinovasi di tengah era social-commerce, era di mana masyarakat berbelanja sambil mencari inspirasi, atau sebaliknya agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat,” tutup Ekhel.

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah super ecosystem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN