Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
BTS XL AXiata di Yogyakarta. (IST)

BTS XL AXiata di Yogyakarta. (IST)

Trafik Layanan Data XL Axiata Melonjak 70% saat Nataru

Senin, 4 Januari 2021 | 21:13 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Selama momen libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, pada periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15%, dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Seperti telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6% dan untuk trafik SMS naik 2% dibandingkan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, pandemi Covid-19 tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Mereka tetap mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital.

Hal tersebut bisa dilihat dari trafik data di area permukiman yang naik sekitar 7% dibandingkan hari normal dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik.

“Beberapa kawasan permukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama perumahan di Kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, dan Cirebon,” ujar Gede, daalam pernyataannya, Senin (4/1).

Kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 - 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat lebih dari 3% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai 17%. Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik lebih dari 40%.

Sementara itu, untuk trafik Tahun Baru, antara 31 Desember - 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata mencapai 10% dibandingkan hari normal. Sedangkan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, kenaikan trafik data mencapai 40%.  

Aplikasi

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum meningkat 6%, termasuk di dalamnya pada aplikasi Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok, film dan saluran TV (Nietflix, Iflix, Viu, dan Vidio) naik 4%, serta musik (Spotify, Joox, Google Music, dan Youtube Music) meningkat 2%.

Selanjutnya, layanan instant messenger secara umum naik 19%. Hal ini termasuk di dalamnya Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts. Sementara itu, pada layanan media sosial Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn meningkat 11%. Video Call via Whatsapp dan Hangouts menurun 14% serta VoIP via Whatsapp dan Messenger naik 11%.

Terakhir, trafik akses ke layanan belanja online Lazada, Shopee, dan Tokopedia turun 22%. Sedangkan trafik ke layanan travelling Traveloka, Agoda, dan Tiket.dom meningkat sekitar 13%.

Seperti biasanya, selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta jalan Google Map dan Apple Map juga meningkat sebesar 2%. Sementara itu, trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital Dana dan OVO turun 6%.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN